Jumat, 20 April 2018

IMK- TUGAS Prototyping


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU


TUGAS INDIVIDU
BAB VII PROTOTYPING
BAB VIII PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP  DOKUMENTASI

Disusun Oleh :
RISKIANA
20162008


PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M



PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018





TUGAS INDIVIDU
BAB VII PROTOTYPING
1.      Menurut Anda, Apakah manfaat menggunakan prototipe sistem ? dan Jelaskan.
Jawab : Mempermudah membuat suatu program dengan cepat dan bertahap sehingga segera dapat di evaluasi oleh pemakai.
2.      Mengapa kita membutuhkan prototipe sistem?
Jawab  : Karena prototipe mempermudah pemakai untuk mengevaluasi suatu program dengan cepat dan bertahap.
3.      Apakah sebenarnya tujuan dari prototipe sistem?
Jawab : Tujuan prototipe yaitu :
1)      Evaluasi dan feedback pada rancangan interaksi.
2)      Stakeholder (dalam hal ini user) dapat melihat, menyentuh, berinteraksi dengan prototipe.
3)      Anggota tim dapat berkomunikasi secara efektif.
4)      Para perancang dapat mengeluarkan ide-idenya.
5)      Munculnya ide-ide secara visual dan  mengembangkannya.
6)      Dapat menjawab pertanyaan → membantu  pemilihan diantara alternatif-alternatif.
7)      Mendapatkan informasi  dan pemahaman tentang pengalaman pengguna.
8)      Estimasi dan validasi  tentang kesulitan perencanaan, keputusan dan keuntungan biaya.
9)      Investigasi, explorasi dan pembandingan solusi perancangan yang berbeda.
 



BAB VIII PENANGANAN KESALAHAN DAN HELP DOKUMENTASI
  1. Apa yang Anda ketahui tentang jenis-jenis kesalahan yang sering terjadi pada suatu program komputer? Jelaskan disertai dengan contoh.

Jawab  : jenis-jenis kesalahan  yang sering terjadi pada suatu program komputer, yaitu :
1)      Syntax Error
Syntax Error terjadi merupakan jenis kesalahan yang terjadi akibat perintah atau statement yang diketik menyalahi aturan pengkodean oleh bahasa pemrograman yang digunakan. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan pengkodean tersendiri yang harus dipatuhi. Contohnya pada bahasa pemrograman Pascal atau delphi, setiap statement diwajibkan untuk diakhiri dengan tanda titik koma (;), jika tidak menuliskannya, maka program akan menampilkan pesan Syntax Error saat dijalankan.
2)      Run-time Error
Jenis kesalahan Run-time Error terjadi ketika kode program melakukan sesuatu yang tidak dimungkinkan. Contohnya jika pada sebuha aplikasi mencoba mengkases file yang tidak ada, atau terjadi kesalahan alokasi memory.
3)      Logical Error
Logical Error merupakan jenis kesalahan yang relatif sulit untuk ditemukan penyebabnya. Karena aplikasi yang mnegandung Logical Error berjalan tanpa pesan kesalahan, tetapi mengeluarkan hasil yang tidak diharapkan, contohnya aplikasi yang dibuat menghasilkan perhitungan yang salah.


             2.  Bagaimanakah pesan kesalahan (error message ) yang baik digunakan untuk sistem?
Jawab : Sistem sebaiknya menyediakan mekanisme pemberitahuan kesalahan dan menunjukan situasi bahwa user berada dalam kondisi bermasalah serta membantu user untuk lebih memahami sistem.
Berikut ini adalah beberapa contoh pesan kesalahan yang Baik:
a)      Pesan kesalahan dibawah ini baik karena pesan kesalahan tersebut singkat dan jelas, serta menyediakan beberapa solusi yang dibutuhkan.
b)      Pesan kesalahan dibawah ini baik karena menjelaskan eror yang terjadi dengan title pada task barnya, juga mendeskripsikan dan menjelaskan masalah yang terjadi, bahkan solusinya sekaligus.


c)      Pesan kesalahan dibawah ini baik, karena selain menggunakan bahasa yang singkat dan padat, ia juga memberitahukan seputar masalah yang terjadi, yaitu alamat tempat penyimpanan yang ternyata full.
d)     Pesan kesalahan dibawah ini adalah pesan kesalahan yang baik karena jelas perintahnya juga menggunakan perpaduan huruf besar dan huruf kecil.
e)      Pesan kesalahan dibawah ini merupakan pesan kesalahan yang baik karena menggunakan perintah yang singkat dan jelas hingga user langsung mengetahui masalah tersebut.








Daftar Rujukan
Sehat Anak. 2015. Prinsip Usability. http://anaksehat93.blogspot.co.id/2015/01/prinsip-usability-dayaguna-dayaguna.html . (19 April 2018)
Raharja_STMIK. 2014. Contoh Pesan Kesalahan yang Baik dan Buruk. http://edybillstephen.ilearning.me/2014/04/25/contoh-pesan-kesalahan-yang-baik-dan-buruk/ . (20 April 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar