Jumat, 27 April 2018

IMK- Bab IX. Evaluasi dan Bab X. Website


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU

BAB IX. EVALUASI DAN BAB X. WEBSITE

NAMA              : RISKIANA
STAMBUK      : 20162008
EMAIL             : riskiana.kikhy@gmail.com
BLOG               : riskiana20162008.blogspot.co.id

PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M


PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018

TUGAS INDIVIDU
BAB IX EVALUASI
1.      Sebutkan 3 tujuan utama dari evaluasi ?
Jawab : tujuan utama evaluasi yaitu :
1)      Melihat seberapa jauh sistem berfungsi. Desain sistem memungkinkan user melakukan tugas dengan lebih mudah. Desain tidak hanya membuat fungsionalitas yang sesuai dengan yang ada dalam sistem, tetapi juga memberikan kemudahan pada user untuk dapat melakukan aksi. Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja dari user untuk melihat keefektifan sistem dalam mendukung tugas.
2)      Melihat efek interface bagi pengguna. Kemudahan untuk mempelajari sistem, usability dan perilaku user.
3)      Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada sistem, misal: ketika menggunakan konteks yang diinginkan tapi hasilnya tidak sesuai atau terjadi kekacauan diantara user. Ini tentunya berhubungan dengan usability dan fungsionalitas dari sistem (bergantung dari sebab masalah).

2.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis evaluasi design ?
Jawab : Evaluasi design terdiri dari Cognitive Walkthrough, Heuristic Evaluation dan Review-Based Evaluation.
1)      Cognitive Walkthrough : suatu usaha yang dilakukan untuk mengenalkan teori psikologi kedalam bentuk informal dan subjektif. Dengan kata lain, usaha ini bertujuan untuk mengevaluasi perancangan dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan kepengguna guna mempelajari berbagai tugas yang diberikan. Pendekatan ini dikemukakan oleh Polson.
2)       Heuristic Evaluation : Evaluasi ini diusulkan oleh Nielsen dan Molich, hampir sama dengan Cognitive Walkthrough tetapi sedikit terstruktur dan sedikit terarah. Heuristik adalah guideline, prinsip umum dan peraturan, pengalaman yang bisa membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang telah diambil, beberapa penilaian bebas terhadap suatu desain supaya kritik bisa memajukan potensi daya guna.
3)      Review-Based Evaluation :  Evaluasi antara psikologi eksperimen dengan interaksi manusia dan komputer menghasilkan hasil-hasil eksperimen yang baik dan pengalaman yang nyata. Beberapa diantaranya dari domain khusus ke umum, tetapi kebanyakan berhubungan dengan isu generic dan teraplikasi pada berbagai situasi. Misalnya pada usability dari tipe menu yang berbeda, pemanggilan nama perintah dan pemilihan icon. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kebiasaan masyarakat dan budaya yang berkembang saat ini. Contoh, tren sekarang dimana banyak grafis icon dan tombol menggunakan effect aqua, hal ini menandakan bahwa budaya dan kebiasaan sangat erat kaitannya dalam merancang usability.

3.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis evaluasi impelementasi ?
Jawab : Perbedaan yang besar dengan evaluasi perancangan adalah keberadaan implementasi system yang ada dalam berbagai bentuk. Hal ini dapat dimulai dari simulasi kemampuan interaktif system, sebagai contoh Wizard of Oz,  melalui  fungsi prototype dasar sampai dengan system yang telah diimplementasi secara keseluruhan.
1)      Metode Empirik : Evaluasi Eksperimen
Satu metode yang sangat kuat dalam mengevaluasi perancangan atau aspek dari perancangan adalah menggunakan eksperimen yang terkontrol. Ini menyediakan kenyataan empiris untuk mendukung klaim umum atau hipotesis. Setiap eksperimen memiliki dasar yang sama. Dalam bentuk dasar ada sejumlah factor penting terhadap keseluruhan kehandalan eksperimen, yang harus dipertimbangkan dalam perancangan eksperimen.
Faktor-faktor tersebut adalah :
1.      Subyek
2.      Variabel
3.      hypothesis

2)      Perancangan Eksperiment
Between-Groups (Randomized)
·       Masing-masing subyek diberikan kondisi yang berbeda yakni kondisi eksperimen (variable sudah dimanipulasi) dan control, yang identik dengan kondisi eksperimen kecuali untuk manipulasi ini. Control ini memastikan bahwa manipulasi bertanggungjawab untuk setiap perbedaan yang diukur.
·       Keuntungan perancangan ini adalah setiap user menghasilkan satu kondisi.
·       Kerugiannya adalah dengan semakin banyak jumlah subyek yang tersedia akan menyebabkan hasilnya akan berkurang dan perbedaan antar setiap individu akan membuat bias hasil. Hal ini dapat diatasi dengan memilih dengan hati-hati subyek yang dipilih dan menjamin setiap kelompok terwakili.
Within-Groups
·       Setiap user akan menampilkan kondisi yang berbeda.
·       Jumlah user yang tersedia lebih sedikit.
·       Pengaruh dari subyek lebih sedikit

3)      Pengukuran Statistik
Dua aturan dalam analisa dengan statistik yakni : melihat data dan menyimpan data. Menyimpan data penting jika kita akan melakukan metode analisis yang berbeda. Pemilihan analisis statistika bergantung pada tipe data dan pertanyaan yang perlu dijawab.
Variabel yang digunakan terbagi dalam :
1)      Discrete Variables
·       Menggunakan jumlah yang terbatas dari suatu nilai atau tingkatan. Contoh: Warna layar monitor yakni : red, green atau blue.
·       Merupakan suatu independent variable
2)      Continous Variable
·       Menggunakan jumlah berapapun (batas atas maupun batas bawah). Contoh : Ketinggian seseorang atau waktu yang diperlukan  untuk  menyelesaikan pekerjaan.
·       Merupakan suatu dependent variable.

4.      Menurut anda apa yang perlu di evaluasi dari aplikasi facebook, integram, serta whatsapp ?
Jawab : Menurut saya yang  perlu di evaluasi  dari aplikasi-aplikasi tersebut adalah :
1)      Konten-konten atau berita yang bersifat pornografi sebab banyaknya pengguna yang masih  dibawah umur  dan akan menimbulkan dampak negatif bagi pengguna.
2)      Keamanan aplikasi tersebut, seperti yang kita ketahui banyaknya keluhan  karena adanya pembobolan dari  akun facebook, instagram dan whatsapp yang menyebabkan kerugian  pada pemilik akun itu sendiri.



BAB X WEBSITE
1.      Apa yang anda ketahui tentang Website ?
Jawab : Website adalah suatu kumpulan halaman web yang bisa di akses kapan saja dan web terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage.
2.      Carilah minimal 3 situs jual beli online /e-commerce yang sedang hits saat ini Menurut anda, dan berikan komentar masing-masing situs tersebut tentang kelebihan serta kekurangan.
Jawab : 3 situs jual beli online yaitu :
1)      Shopee
Kelebihan Shopee
·         Kemudahan dalam menginput gambar produk yang akan dipasarkan disana. Maksimum hingga 9 gambar dapat diupload secara bersamaan di Shopee.
·         Pada bagian penjualan, terdapat fitur yang akan mempermudah penjual ketika menanti pembayaran, produk yang harus dikirim, hingga status transaksi yang sudah selesai.
·         Adanya fitur khusus “barang diblokir” yang dapat memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual.
·         Fitur varian produk yang akan mempermudah dan sangat cocok untuk penjualan produk yang memiliki ragam warna, motif, aatu ukuran.
·         Terdapat fitur untuk mengambil foto dari Instagram dan menambahkan hastag hingga 18 maksimum hastag.
·         Saat ini masih banyak program promosi seperti penangguhan ongkos kirim (JNE), promosi di halaman depan masih gratis.
·         Tidak memiliki batasan pada produk yang akan dijual disini.
·         Memiliki peluang yang masih sangat besar dan menjanjikan. Karena belum terlalu populer, sehingga masih belum banyak onlineshop yang menggunakan Shopee.
Kekurangan Shopee
·         Adanya bagian pembeli dan penjual, sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.
·         Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
·         Tampilan deksripsi produk yang dinilai kurang menarik perhatian para calon pembeli.
·         Pencairan dana ke rekening yang terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.
·         Terkadang situs sulit di akses atau bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
·         Walupun dapat menginput gambar dalam jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar tersebut sering gagal.
·         Selain gambar, ketika menginput no resi via aplikasi pun sering gagal.
·         Marketplace online terbaru ini juga tidak menyarankan dropship.

2)      BukaLapak
Kelebihan Bukalapak :
·         Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
·         Kemudahan ketika menambahkan gambar produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
·         Manajemen stok produk yang lebih akurat. Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
·         Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
·         Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
·         Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
·         Tampilan yang simple dan tidak berat.
·         Memiliki fitur Widget yang dapat digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.
·         Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP.
·         Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis.
Kekurangan Bukalapak :
·         Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
·         SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
·         Walaupun dana masuk ke Bukadompet cepat, namun pencairan saldo dari Bukadompet terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari sehari.
·         Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
·         Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori RAM, sehingga terkadang lag dan loading.
·         Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
·         Tidak memiliki fitur pre-order.
·         Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.
·         Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
·         Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.

3)      Lazada
Kelebihan Belanja Online Di Lazada
·         Beraneka Ragam Produk Tersedia
·         Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
·         Website yang user friendly
·         Bebas Ongkos Kirim
·         Bisa COD (Cash On Delivery)
·         Pengiriman Barang Cepat
Kekurangan Belanja Online Di Lazada
·         Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
·         Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota




Daftar  Rujukan
Andhiroid. 2013. Evaluasi. https://humcomint.wordpress.com/2013/11/23/evaluasi/ .  (22 April 2018)
Modul. 2018. Teknik Evaluasi. Interaksi Manusia dan Komputer. (22 April 2018)
Wiwikbudiawan. 2009. Evaluasi Perancangan. https://wiwikbudiawan.wordpress.com/2009/02/16/211/ . (22 April 2018)
Dhewe Jhuwietha. 2013. Teknik Evaluasi. http://cewebodo.blogspot.co.id/2013/05/imk-teknik-evaluasi.html . (23 April 2018)
Aina.  2017. 10 Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak yang Wajib Diketahui. https://portal-uang.com/2016/12/10-kelebihan-dan-kekurangan-bukalapak-wajib-diketahui.html . (27 April 2018)
Aina. 2017. Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Shopee. https://portal-uang.com/2016/12/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-shopee.html . (27 April 2018)
Jivi.  2012. Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online di Lazada Berdasarkan Pengalaman Pribadi. http://awangjivi.com/kelebihan-dan-kekurangan-belanja-online-di-lazada-berdasarkan-pengalaman-pribadi/ . (28 April 2018)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar