AKADEMI
MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU
BAB IX. EVALUASI DAN BAB X. WEBSITE
NAMA :
RISKIANA
STAMBUK : 20162008
BLOG : riskiana20162008.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2018
TUGAS
INDIVIDU
BAB
IX EVALUASI
1.
Sebutkan 3 tujuan utama dari evaluasi ?
Jawab
: tujuan utama evaluasi yaitu :
1) Melihat
seberapa jauh sistem berfungsi. Desain sistem memungkinkan user melakukan tugas
dengan lebih mudah. Desain tidak hanya membuat fungsionalitas yang sesuai
dengan yang ada dalam sistem, tetapi juga memberikan kemudahan pada user untuk
dapat melakukan aksi. Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja
dari user untuk melihat keefektifan sistem dalam mendukung tugas.
2) Melihat
efek interface bagi pengguna. Kemudahan untuk mempelajari sistem, usability dan
perilaku user.
3) Mengidentifikasi
problem khusus yang terjadi pada sistem, misal: ketika menggunakan konteks yang
diinginkan tapi hasilnya tidak sesuai atau terjadi kekacauan diantara user. Ini
tentunya berhubungan dengan usability dan fungsionalitas dari sistem
(bergantung dari sebab masalah).
2.
Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis
evaluasi design ?
Jawab :
Evaluasi design terdiri dari Cognitive
Walkthrough, Heuristic Evaluation dan Review-Based
Evaluation.
1)
Cognitive Walkthrough : suatu usaha
yang dilakukan untuk mengenalkan teori psikologi kedalam bentuk informal dan
subjektif. Dengan kata lain, usaha ini bertujuan untuk mengevaluasi perancangan
dengan melihat seberapa besar dukungan yang diberikan kepengguna guna
mempelajari berbagai tugas yang diberikan. Pendekatan ini dikemukakan oleh
Polson.
2)
Heuristic
Evaluation : Evaluasi ini
diusulkan oleh Nielsen dan Molich, hampir sama dengan Cognitive Walkthrough tetapi sedikit terstruktur dan sedikit
terarah. Heuristik adalah guideline, prinsip umum dan peraturan, pengalaman
yang bisa membantu suatu keputusan atau kritik atas suatu keputusan yang telah
diambil, beberapa penilaian bebas terhadap suatu desain supaya kritik bisa
memajukan potensi daya guna.
3)
Review-Based Evaluation
: Evaluasi antara psikologi eksperimen
dengan interaksi manusia dan komputer menghasilkan hasil-hasil eksperimen yang
baik dan pengalaman yang nyata. Beberapa diantaranya dari domain khusus ke
umum, tetapi kebanyakan berhubungan dengan isu generic dan teraplikasi pada berbagai
situasi. Misalnya pada usability dari tipe menu yang berbeda, pemanggilan nama
perintah dan pemilihan icon. Hal ini sangat berkaitan erat dengan kebiasaan
masyarakat dan budaya yang berkembang saat ini. Contoh, tren sekarang dimana
banyak grafis icon dan tombol menggunakan effect aqua, hal ini menandakan bahwa
budaya dan kebiasaan sangat erat kaitannya dalam merancang usability.
3.
Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis
evaluasi impelementasi ?
Jawab :
Perbedaan yang besar dengan evaluasi perancangan adalah keberadaan implementasi
system yang ada dalam berbagai bentuk. Hal ini dapat dimulai dari simulasi
kemampuan interaktif system, sebagai contoh Wizard of Oz, melalui
fungsi prototype dasar sampai dengan system yang telah diimplementasi
secara keseluruhan.
1) Metode Empirik : Evaluasi Eksperimen
Satu metode yang sangat
kuat dalam mengevaluasi perancangan atau aspek dari perancangan adalah
menggunakan eksperimen yang terkontrol. Ini menyediakan kenyataan empiris untuk
mendukung klaim umum atau hipotesis. Setiap eksperimen memiliki dasar yang
sama. Dalam bentuk dasar ada sejumlah factor penting terhadap keseluruhan
kehandalan eksperimen, yang harus dipertimbangkan dalam perancangan eksperimen.
Faktor-faktor tersebut
adalah :
1. Subyek
2. Variabel
3. hypothesis
2) Perancangan Eksperiment
Between-Groups
(Randomized)
· Masing-masing subyek diberikan kondisi yang
berbeda yakni kondisi eksperimen (variable sudah dimanipulasi) dan control,
yang identik dengan kondisi eksperimen kecuali untuk manipulasi ini. Control
ini memastikan bahwa manipulasi bertanggungjawab untuk setiap perbedaan yang
diukur.
· Keuntungan perancangan ini adalah setiap user
menghasilkan satu kondisi.
· Kerugiannya adalah dengan semakin banyak jumlah
subyek yang tersedia akan menyebabkan hasilnya akan berkurang dan perbedaan
antar setiap individu akan membuat bias hasil. Hal ini dapat diatasi dengan
memilih dengan hati-hati subyek yang dipilih dan menjamin setiap kelompok
terwakili.
Within-Groups
· Setiap user akan menampilkan kondisi yang berbeda.
· Jumlah user yang tersedia lebih sedikit.
· Pengaruh dari subyek lebih sedikit
3) Pengukuran Statistik
Dua aturan dalam analisa dengan statistik yakni : melihat data dan
menyimpan data. Menyimpan data penting jika kita akan melakukan metode analisis
yang berbeda. Pemilihan analisis statistika bergantung pada tipe data dan
pertanyaan yang perlu dijawab.
Variabel yang digunakan terbagi dalam :
1) Discrete Variables
· Menggunakan jumlah yang terbatas dari suatu
nilai atau tingkatan. Contoh: Warna layar monitor yakni : red, green atau blue.
· Merupakan suatu independent variable
2) Continous Variable
· Menggunakan jumlah berapapun (batas atas maupun
batas bawah). Contoh : Ketinggian seseorang atau waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.
· Merupakan suatu dependent variable.
4.
Menurut anda apa yang perlu di evaluasi
dari aplikasi facebook, integram, serta whatsapp ?
Jawab
: Menurut saya yang
perlu di evaluasi dari
aplikasi-aplikasi tersebut adalah :
1)
Konten-konten atau berita yang bersifat
pornografi sebab banyaknya pengguna yang masih
dibawah umur dan akan menimbulkan
dampak negatif bagi pengguna.
2)
Keamanan aplikasi tersebut, seperti yang
kita ketahui banyaknya keluhan karena
adanya pembobolan dari akun facebook,
instagram dan whatsapp yang menyebabkan kerugian pada pemilik akun itu sendiri.
BAB
X WEBSITE
1. Apa
yang anda ketahui tentang Website ?
Jawab :
Website adalah suatu kumpulan halaman web yang bisa di akses kapan saja dan web
terdiri dari page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage.
2. Carilah
minimal 3 situs jual beli online /e-commerce yang sedang hits saat ini Menurut
anda, dan berikan komentar masing-masing situs tersebut tentang kelebihan serta
kekurangan.
Jawab
: 3 situs jual beli online yaitu :
1)
Shopee
Kelebihan
Shopee
·
Kemudahan dalam menginput gambar
produk yang akan dipasarkan disana. Maksimum hingga 9
gambar dapat diupload secara bersamaan di Shopee.
·
Pada bagian penjualan, terdapat fitur
yang akan mempermudah penjual ketika menanti pembayaran, produk yang harus
dikirim, hingga status transaksi yang sudah selesai.
·
Adanya fitur khusus “barang diblokir”
yang dapat memudahkan pengguna ketika ada masalah pada produk yang dijual.
·
Fitur varian produk yang akan
mempermudah dan sangat cocok untuk penjualan produk yang memiliki ragam warna,
motif, aatu ukuran.
·
Terdapat fitur untuk mengambil foto dari
Instagram dan menambahkan hastag hingga 18 maksimum hastag.
·
Saat ini masih banyak program promosi
seperti penangguhan ongkos kirim (JNE), promosi di halaman depan masih gratis.
·
Tidak memiliki batasan pada produk yang
akan dijual disini.
·
Memiliki peluang yang masih sangat besar
dan menjanjikan. Karena belum terlalu populer, sehingga masih belum banyak
onlineshop yang menggunakan Shopee.
Kekurangan
Shopee
·
Adanya bagian pembeli dan penjual,
sehingga terkesan tidak efisien dan rumit.
·
Untuk promo ongkos kirim gratis, syarat
yang harus dipenuhi terkesan sulit dan merepotkan.
·
Tampilan deksripsi produk yang dinilai
kurang menarik perhatian para calon pembeli.
·
Pencairan dana ke rekening yang
terhitung sangat lama setelah proses transaksi sukses.
·
Terkadang situs sulit di akses atau
bahkan lambat pada jam-jam tertentu.
·
Walupun dapat menginput gambar dalam
jumlah yang relatif banyak, namun pada beberapa kasus terkadang upload gambar
tersebut sering gagal.
·
Selain gambar, ketika menginput no resi
via aplikasi pun sering gagal.
·
Marketplace online terbaru ini juga
tidak menyarankan dropship.
2)
BukaLapak
Kelebihan
Bukalapak :
·
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh
Bukalapak ini adalah inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi
tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
·
Kemudahan ketika menambahkan gambar
produk, bahkan dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5
gambar sekaligus.
·
Manajemen stok produk yang lebih akurat.
Ketika produk tengah menanti pembayaran, maka jumlah stok produk akan secaar
otomatis berkurang. Sedangkan saat transaksi dibatalkan, maka jumlah stok
produk akan dikembalikan. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang
kosong.
·
Tersedianya fitur opsi untuk ongkos
kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
·
Adanya fitur diskon pada produk yang
dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat
meningkatkan penjualan.
·
Proses transfer yang cepat, dana akan
masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
·
Tampilan yang simple dan tidak berat.
·
Memiliki fitur Widget yang dapat
digunakan untuk promosi lapak ke situs lain.
·
Tingkat keamanan yang tinggi dengan
adanya fitur OTP.
·
Fitur premium terlihat lebih jelas dan
bagus, dan pastinya Gratis, Gratis, dan Gratis.
Kekurangan
Bukalapak :
·
Warna dasar tema tampilan yang terlalu
mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
·
SEO yang tidak optimal saat dicari
melalui Google.
·
Walaupun dana masuk ke Bukadompet cepat,
namun pencairan saldo dari Bukadompet terhitung lama. Bahkan bisa lebih dari
sehari.
·
Fitur deksripsi barang yang belum
memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag
html terbawa pada tulisan.
·
Aplikasi Bukalapak banyak memakan memori
RAM, sehingga terkadang lag dan loading.
·
Fitur Quick Buyer yang terkadang
mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
·
Tidak memiliki fitur pre-order.
·
Waktu proses pemesanan yang sangat
singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman.
·
Notifikasi yang sering terlambat masuk,
bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
·
Tidak memiliki fitur untuk melakukan
black-list pada pembeli yang bermasalah.
3) Lazada
Kelebihan
Belanja Online Di Lazada
·
Beraneka Ragam Produk Tersedia
·
Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
·
Website yang user friendly
·
Bebas Ongkos Kirim
·
Bisa COD (Cash On Delivery)
·
Pengiriman Barang Cepat
Kekurangan
Belanja Online Di Lazada
·
Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
·
Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak
kota
Daftar Rujukan
Modul. 2018. Teknik Evaluasi. Interaksi Manusia dan
Komputer. (22 April 2018)
Wiwikbudiawan. 2009. Evaluasi Perancangan. https://wiwikbudiawan.wordpress.com/2009/02/16/211/
. (22 April 2018)
Dhewe Jhuwietha. 2013. Teknik Evaluasi. http://cewebodo.blogspot.co.id/2013/05/imk-teknik-evaluasi.html
. (23 April 2018)
Aina. 2017. 10
Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak yang Wajib Diketahui. https://portal-uang.com/2016/12/10-kelebihan-dan-kekurangan-bukalapak-wajib-diketahui.html
. (27 April 2018)
Aina. 2017. Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Shopee.
https://portal-uang.com/2016/12/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-shopee.html
. (27 April 2018)
Jivi. 2012. Kelebihan
dan Kekurangan Belanja Online di Lazada Berdasarkan Pengalaman Pribadi. http://awangjivi.com/kelebihan-dan-kekurangan-belanja-online-di-lazada-berdasarkan-pengalaman-pribadi/
. (28 April 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar