Rabu, 02 Mei 2018

Tugas E-Commerce : BAB 2 : E-BUSINESS Dan BAB 3 : SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA E-COMMERCE


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU


BAB 2 : E-BUSINESS Dan BAB 3 : SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA E-COMMERCE




NAMA              : RISKIANA
STAMBUK      : 20162008
EMAIL             : riskiana.kikhy@gmail.com
BLOG               : riskiana20162008.blogspot.co.id



PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M




PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018




TUGAS INDIVIDU

BAB 2 : E-BUSINESS


1.      Sebutkan pengertian, perbedaan dan persamaan serta contoh dari E-COMMERCE, E-BUSINESS, M-COMMERCE.
Jawab :
1)      Pengertian
·         E-COMMERCE adalah penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang  dan jasa melalui system elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan computer lainnya.
·         M-COMMERCE adalah pembelian dan penjualan jasa dan barang-barang melalui atau alat wereless handheald seperti telepon selulerdan personal digital assistant (PDAs).
·         E-BUSINESS adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan atau jasa dengan cara memanfaatkan internet sebagai media komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkup system, pendidikan pelangganan perkembangan produk,dan pengembangan usaha.
2)      Persamaan atara E-commerce dan E-bussines
·         Kesamaan proses yang dimiliki di dalamnya.
·         Peran serta di dalam Value Chain
·         Interaksi dengan konsumen dan pelanggan.
·         Interaksi dan dengan rekan bisnis dan supplier.

3)      Perbedaan atara E-commerce dan E-bussines
·         Perbedaan antra proses ekternal dan proses Internal
·         Pebedaan cakupan proses eksternal dan proses internal.
·         Perbedaan kompleksitas strategi.
·         Perbedaan jumlah Integrasi di dalamnya.


2.      Sebutkan 7 elemen pada E-BUSINESS beserta peranannya.
Jawab : Tujuh buah elemen pada E-business beserta perannya sebagai berikut:
1)      Competitive strategy adalah sebuah strategi yang dilakukan agar bisnis dapat bersaing dengan sehat dan memenangkan persaingan dengan para kompetitor bisnis.
2)      Business strategy adalah sebagai strategi yang dilakukan agar bisnis dapat berjalan dengan sukses.
3)      Value chain adalah sebagai sebuah rantai urutan aktifitas dam proses yang terdapat di dalam suatu organisasi.
4)      Employees adalah mengacu kepada para tenaga kerja yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan bisnis dan E-business berbasiskan internet dan komputer.
5)      Customer adalah mengacu kepada para pelanggan yaitu konsumen tetap suatu produk barang dan jasa dari bisnis yang dijalankan.
6)      Market segment adalah proses identifikasi grup dari sebuah bisnis oleh organisasi atau perubahan di mana melakukan proses berbagi distribusi dan pemasaran barang dan jasa.
7)      Bunsiness unit adalah struktur administrasi secara hirarki pada suatu organinasi atau perusahaan tyang berfungsi untuk mengontrol akses ke dalam sebuah informasi.


3.      Berikan salah satu contoh tindak kejahatan pada transaksi di dunia digital serta bagaimana perlindungan hukumnya pada kasus tersebut.
Jawab : Contoh kasus :
Carding, salah satu jenis cyber crime yang terjadi di Bandung sekitar Tahun 2003. Carding merupakan kejahatan yang dilakukan untuk mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dan digunakan dalam transaksi perdagangan di internet. Para pelaku yang kebanyakan remaja tanggung dan mahasiswa ini, digerebek aparat kepolisian setelah beberapa kali berhasil melakukan transaksi di internet menggunakan kartu kredit orang lain. Para pelaku, rata-rata beroperasi dari warnet-warnet yang tersebar di kota Bandung. Mereka biasa bertransaksi dengan menggunakan nomor kartu kredit yang mereka peroleh dari beberapa situs. Namun lagi-lagi, para petugas kepolisian ini menolak menyebutkan situs yang dipergunakan dengan alasan masih dalam penyelidikan lebih lanjut.
Modus kejahatan ini adalah pencurian, karena pelaku memakai kartu kredit orang lain untuk mencari barang yang mereka inginkan di situs lelang barang. Karena kejahatan yang mereka lakukan, mereka akan dibidik dengan pelanggaran Pasal 378 KUHP tentang penipuan, Pasal 363 tentang Pencurian dan Pasal 263 tentang Pemalsuan Identitas.





BAB 3 : SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA E-COMMERCE

1.      Jelaskan pengertian search engine serta berikan minimal 3 contoh search engine.
Jawab : pengertian search engine dan 3 contoh search engine, yaitu :
Search engine adalah aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine.Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Contoh search engine, yaitu :
1)      Google (www.google.com)
2)      Yahoo! (www.yahoo.com)
3)      AskJeeves (http://www.ask.com)


2.      Jelaskan 7 elemen utama dalam meraih sukses SEARCH ENGINE OPTIMIZATION.
Jawab : 7 elemen utama dalam meraih sukses Search Engine Optimization, yaitu :
1)      Content
Content merupakan elemen terpenting. Karena tolak ukur baik buruknya suatu website tergantung kontennya. Jika konten menarik dan berbobot, maka secara tidak langsung akan banyak orang yang membuka website tersebut untuk dijadikan referensi maupun untuk pembelajaran.
2)      Design
Design merupakan elemen kedua, dikarenakan saat seseorang membuka website design adalah kesan utama yang akan dilihat oleh mata para pengguna, sekaligus memberikan sugesti pada pemikiran mereka bahwa isi dari website ini akan semenarik designnya.
3)      HTML
HTML atau dalam bahasa panjangnya Hyper Text Mark up Language merupakan bahasa markup yang digunakan dalam membuat website. HTML juga merupakan struktur utama pembentuk website dimana jika anda ingin mengupload, foto,video, maupun tabel harus menggunakan bahasa dasar HTML.
4)      Key Word
Key Word atau disebut juga kata kunci adalah elemen yang tak kalah penting. Hal ini dikarenakan saat user melakukan searching dengan menggunakan search engine, mereka akan menggunakan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih kata kunci. Gunakan kata kata yang bervariasi dan sering dipakai agar lebih sering muncul saat user lain melakukan pencarian.
5)      Back Links
Peran Backlink disini tidak dapat diremehkan, backlink dari segi SEO jelas sangat terlihat efeknya. memiliki peranan yang besar, backlink menjadi nilai mahal dalam SEO. Google juga mengatakan, bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebua situs website mau pun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Apa lagi, jenis backlink tersebut adalah jenis-jenis backlink yang di rekomendasikan oleh google sendiri yang baik untuk Search engine. Tapi perlu diingat bahwa ada pedoman khusus bagaimana Backlink yang baik dalam SEO.
6)      Strategy
Tidak bisa dipungkiri lagi jika semua hal didunia ini membutuhkan strategi dan rencana. Begitu pula dalam meraih sukses SEO ini. Kita harus memiliki strategi untuk bukan hanya meraih SEO, namun juga mempertahankan kesuksesan website kita. Strategi disini dimaksudkan bagaimana kita tidak kalah dalam persaingan dengan website website lain. Misalnya dengan menyesuaikan tema dengan konten yang akan dibahas dan memikirkan pula untuk kemungkinan siapa saja yang akan membacanya. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dalam keseluruhan kontennya, meng-update website sesering mungkin, dan lain sebagainya.
7)      Marketing
Marketing yang dimaksudkan disini adalah sehubungan dengan iklan yang dipasang pada website. Terkadang, jika website kita sudah berada di beberapa daftar teratas, maka akan ada pihak pihak yang menawarkan kerja sama dalam bidang periklanan (untuk mengiklankan layanan, barang, dan lain sebagainya) kita diminta untuk memasang iklan pada website kita dan mereka akan membayar untuk itu baik dengan sistem pay per click, pay per month, dan sebagainya.


3.      Jelaskan 4 hal yang perlu diketahui megenai SEO dan E-Commerce
Jawab : 4 hal yang perlu diketahui mengenai SEO dan e-Commerce, yaitu :
·         SEO :
1)        Mendapatkan backlink (secara organik) jauh lebih baik daripada link building.
2)        Keyword density.
3)        Engagement adalah faktor yang paling penting.
4)        On-page SEO akan memiliki dampak yang semakin besar

·         E-Commerce :
1)        Perencanaan profit yang matang
2)        Melakukan sebuah riset kecil tentang minat konsumen serta harga produk serupa yang dibandrol oleh penyedia lainnya.
3)        Kepuasan pelanggan tetap yang nomor wahid
4)        Mencari konsep yang tepat





Daftar Rujukan
Kristiariweb. 2016. E-COMMERCE, M-COMMERCE, E-BUSINESS. https://kristiariweb.wordpress.com/2016/08/29/e-commercem-commerce-e-business/ . ( 30 April 2018)
Risman6496. 2016. E-COMMERCE, M-COMMERCE, E-BUSINESS. https://risma6496.wordpress.com/2016/08/24/e-commerce/ . (30 April 2018)
Unknown. 2016. Pengertian Search Engine Dan Contohnya. http://viperquest.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-search-engine.html . ( 01 Mei 2018)
Novita. 2017. 7 Elemen Sukses SEO. http://nengahsrinovitadewi.blogspot.co.id/2017/11/7-elemen-sukses-seo.html . (01 Mei 2018)
Kevin. 2016.  Update Teknik SEO yang Perlu Anda Ketahui. http://imcode.co.id/update-teknik-seo/ . (03 Mei 2018)
Muhazrul. 2017. 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis E-Commerce. https://muhazrul.wordpress.com/2017/10/13/4-hal-yang-harus-diperhatikan-untuk-memulai-bisnis-e-commerce/ . (03 Mei 2018)
Mainardianty Liza. 2012. 10 contoh kasus Cyber Crime yang pernah terjadi beserta modus dan analisa penyelesaiannya. https://lizamainardianty.wordpress.com/2012/08/03/10-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah-terjadi-beserta-modus-dan-analisa-penyelesaiannya/ . (03 Mei 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar