AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
TRI DHARMA PALU
BAB 2 : E-BUSINESS Dan BAB 3 : SEARCH ENGINE
OPTIMIZATION (SEO) PADA E-COMMERCE
NAMA :
RISKIANA
STAMBUK : 20162008
BLOG : riskiana20162008.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2018
TUGAS INDIVIDU
BAB 2 :
E-BUSINESS
1.
Sebutkan
pengertian, perbedaan dan persamaan serta contoh dari E-COMMERCE, E-BUSINESS,
M-COMMERCE.
Jawab :
1)
Pengertian
·
E-COMMERCE
adalah penyebaran,pembelian,penjualan,pemasaran barang dan jasa melalui
system elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan computer
lainnya.
·
M-COMMERCE
adalah pembelian dan penjualan jasa dan barang-barang melalui atau alat
wereless handheald seperti telepon selulerdan personal digital assistant
(PDAs).
·
E-BUSINESS
adalah aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan
proses pertukaran barang dan atau jasa dengan cara memanfaatkan internet
sebagai media komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi
internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkup system, pendidikan
pelangganan perkembangan produk,dan pengembangan usaha.
2) Persamaan atara E-commerce dan E-bussines
·
Kesamaan proses
yang dimiliki di dalamnya.
·
Peran serta di
dalam Value Chain
·
Interaksi dengan
konsumen dan pelanggan.
·
Interaksi dan
dengan rekan bisnis dan supplier.
3) Perbedaan atara E-commerce dan E-bussines
·
Perbedaan antra
proses ekternal dan proses Internal
·
Pebedaan cakupan
proses eksternal dan proses internal.
·
Perbedaan
kompleksitas strategi.
·
Perbedaan jumlah
Integrasi di dalamnya.
2.
Sebutkan 7
elemen pada E-BUSINESS beserta peranannya.
Jawab : Tujuh buah elemen pada E-business beserta perannya
sebagai berikut:
1)
Competitive
strategy adalah sebuah strategi yang dilakukan agar bisnis dapat bersaing
dengan sehat dan memenangkan persaingan dengan para kompetitor bisnis.
2)
Business
strategy adalah sebagai strategi yang dilakukan agar bisnis dapat berjalan
dengan sukses.
3)
Value chain
adalah sebagai sebuah rantai urutan aktifitas dam proses yang terdapat di dalam
suatu organisasi.
4)
Employees adalah
mengacu kepada para tenaga kerja yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan
bisnis dan E-business berbasiskan internet dan komputer.
5)
Customer adalah
mengacu kepada para pelanggan yaitu konsumen tetap suatu produk barang dan jasa
dari bisnis yang dijalankan.
6)
Market segment
adalah proses identifikasi grup dari sebuah bisnis oleh organisasi atau
perubahan di mana melakukan proses berbagi distribusi dan pemasaran barang dan
jasa.
7)
Bunsiness unit
adalah struktur administrasi secara hirarki pada suatu organinasi atau
perusahaan tyang berfungsi untuk mengontrol akses ke dalam sebuah informasi.
3.
Berikan salah
satu contoh tindak kejahatan pada transaksi di dunia digital serta bagaimana
perlindungan hukumnya pada kasus tersebut.
Jawab : Contoh kasus :
Carding, salah satu
jenis cyber crime yang terjadi di Bandung sekitar Tahun 2003. Carding merupakan
kejahatan yang dilakukan untuk mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dan
digunakan dalam transaksi perdagangan di internet. Para pelaku yang kebanyakan
remaja tanggung dan mahasiswa ini, digerebek aparat kepolisian setelah beberapa
kali berhasil melakukan transaksi di internet menggunakan kartu kredit orang
lain. Para pelaku, rata-rata beroperasi dari warnet-warnet yang tersebar di
kota Bandung. Mereka biasa bertransaksi dengan menggunakan nomor kartu kredit
yang mereka peroleh dari beberapa situs. Namun lagi-lagi, para petugas
kepolisian ini menolak menyebutkan situs yang dipergunakan dengan alasan masih
dalam penyelidikan lebih lanjut.
Modus kejahatan ini
adalah pencurian, karena pelaku memakai kartu kredit orang lain untuk mencari
barang yang mereka inginkan di situs lelang barang. Karena kejahatan yang
mereka lakukan, mereka akan dibidik dengan pelanggaran Pasal 378 KUHP tentang
penipuan, Pasal 363 tentang Pencurian dan Pasal 263 tentang Pemalsuan
Identitas.
BAB 3 : SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) PADA
E-COMMERCE
1.
Jelaskan
pengertian search engine serta berikan minimal 3 contoh search engine.
Jawab : pengertian search engine dan 3 contoh search engine,
yaitu :
Search engine adalah aplikasi
yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang
internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search
engine.Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini
adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di
dunia. Contoh search engine, yaitu :
2.
Jelaskan 7
elemen utama dalam meraih sukses SEARCH ENGINE OPTIMIZATION.
Jawab : 7 elemen utama dalam meraih sukses Search Engine
Optimization, yaitu :
1)
Content
Content
merupakan elemen terpenting. Karena tolak ukur baik buruknya suatu website
tergantung kontennya. Jika konten menarik dan berbobot, maka secara tidak
langsung akan banyak orang yang membuka website tersebut untuk dijadikan
referensi maupun untuk pembelajaran.
2)
Design
Design
merupakan elemen kedua, dikarenakan saat seseorang membuka website design
adalah kesan utama yang akan dilihat oleh mata para pengguna, sekaligus
memberikan sugesti pada pemikiran mereka bahwa isi dari website ini akan
semenarik designnya.
3)
HTML
HTML
atau dalam bahasa panjangnya Hyper Text Mark up Language merupakan bahasa markup
yang digunakan dalam membuat website. HTML juga merupakan struktur utama
pembentuk website dimana jika anda ingin mengupload, foto,video, maupun tabel
harus menggunakan bahasa dasar HTML.
4)
Key Word
Key
Word atau disebut juga kata kunci adalah elemen yang tak kalah penting. Hal ini
dikarenakan saat user melakukan searching dengan menggunakan search engine,
mereka akan menggunakan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, cermatlah dalam
memilih kata kunci. Gunakan kata kata yang bervariasi dan sering dipakai agar
lebih sering muncul saat user lain melakukan pencarian.
5)
Back Links
Peran
Backlink disini tidak dapat diremehkan, backlink dari segi SEO jelas sangat
terlihat efeknya. memiliki peranan yang besar, backlink menjadi nilai mahal
dalam SEO. Google juga mengatakan, bahwa salah satu aspek penilaian terhadap
populernya sebua situs website mau pun laman website salah satunya adalah
faktor backlink. Apa lagi, jenis backlink tersebut adalah jenis-jenis backlink
yang di rekomendasikan oleh google sendiri yang baik untuk Search engine. Tapi
perlu diingat bahwa ada pedoman khusus bagaimana Backlink yang baik dalam SEO.
6) Strategy
Tidak
bisa dipungkiri lagi jika semua hal didunia ini membutuhkan strategi dan
rencana. Begitu pula dalam meraih sukses SEO ini. Kita harus memiliki strategi
untuk bukan hanya meraih SEO, namun juga mempertahankan kesuksesan website
kita. Strategi disini dimaksudkan bagaimana kita tidak kalah dalam persaingan
dengan website website lain. Misalnya dengan menyesuaikan tema dengan konten
yang akan dibahas dan memikirkan pula untuk kemungkinan siapa saja yang akan
membacanya. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dalam keseluruhan
kontennya, meng-update website sesering mungkin, dan lain sebagainya.
7) Marketing
Marketing
yang dimaksudkan disini adalah sehubungan dengan iklan yang dipasang pada
website. Terkadang, jika website kita sudah berada di beberapa daftar teratas,
maka akan ada pihak pihak yang menawarkan kerja sama dalam bidang periklanan
(untuk mengiklankan layanan, barang, dan lain sebagainya) kita diminta untuk
memasang iklan pada website kita dan mereka akan membayar untuk itu baik dengan
sistem pay per click, pay per month, dan sebagainya.
3.
Jelaskan 4 hal
yang perlu diketahui megenai SEO dan E-Commerce
Jawab : 4 hal yang perlu diketahui mengenai SEO dan
e-Commerce, yaitu :
·
SEO :
1)
Mendapatkan
backlink (secara organik) jauh lebih baik daripada link building.
2)
Keyword density.
3)
Engagement adalah faktor yang paling
penting.
4)
On-page SEO akan
memiliki dampak yang semakin besar
·
E-Commerce :
1)
Perencanaan profit yang matang
2)
Melakukan sebuah riset kecil tentang
minat konsumen serta harga produk serupa yang dibandrol oleh penyedia lainnya.
3)
Kepuasan pelanggan tetap yang nomor
wahid
4)
Mencari konsep yang tepat
Daftar Rujukan
Kristiariweb. 2016. E-COMMERCE, M-COMMERCE, E-BUSINESS.
https://kristiariweb.wordpress.com/2016/08/29/e-commercem-commerce-e-business/ . ( 30 April 2018)
Risman6496. 2016. E-COMMERCE, M-COMMERCE, E-BUSINESS.
https://risma6496.wordpress.com/2016/08/24/e-commerce/ . (30 April 2018)
Unknown. 2016. Pengertian Search Engine Dan
Contohnya. http://viperquest.blogspot.co.id/2013/01/pengertian-search-engine.html . ( 01 Mei 2018)
Novita. 2017. 7 Elemen Sukses SEO. http://nengahsrinovitadewi.blogspot.co.id/2017/11/7-elemen-sukses-seo.html . (01 Mei 2018)
Kevin. 2016. Update
Teknik SEO yang Perlu Anda Ketahui. http://imcode.co.id/update-teknik-seo/
. (03 Mei 2018)
Muhazrul. 2017. 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk
Memulai Bisnis E-Commerce. https://muhazrul.wordpress.com/2017/10/13/4-hal-yang-harus-diperhatikan-untuk-memulai-bisnis-e-commerce/
. (03 Mei 2018)
Mainardianty Liza. 2012. 10 contoh kasus Cyber Crime
yang pernah terjadi beserta modus dan analisa penyelesaiannya. https://lizamainardianty.wordpress.com/2012/08/03/10-contoh-kasus-cyber-crime-yang-pernah-terjadi-beserta-modus-dan-analisa-penyelesaiannya/
. (03 Mei 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar