AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN
KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU
BAB V. DAYA
GUNA DAN BAB VI. DESAIN
NAMA
:
RISKIANA
STAMBUK
: 20162008
BLOG
: riskiana20162008.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2018
TUGAS INDIVIDU
BAB V : DAYA GUNA
BAB V : DAYA GUNA
1. Apa
yang di maksud dengan Ineternational Organization for Standardization (ISO)..?
serta jelaskan atribut daya guna menurut
ISO 1998 ?
Jawab
: Organisasi Internasional untuk Standardisasi (bahasa Inggris: International
Organization for Standardization), (bahasa Perancis: Organisation
internationale de normalisation) atau disingkat ISO adalah badan penetap
standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi
nasional setiap negara.
Menurut
ISO (1998), daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan
oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam
menggunakannya. Menurut ISO 1998, daya guna atribut terdiri dari :
a.
Efektivitas : ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan.
b. Efisiensi : sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan
ketelitian dan kelengkapan untuk user.
c.
Kepuasan :
bebas dari ketidak-nyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk.
2. Sebutkan
dan jelaskan 6 atribut daya guna.
Jawab
:
1) Efektifitas
: ketelitian dan kelengkapan dimana pengguna mencapai gol mereka.
2) Learnabilitas
: mudah untuk dipelajari oleh
user baru.
3) Efisiensi
: steady-state / keadaan kemantapan penampilan pengguna ahli.
4) Memorabilitas
: mudah di dalam menggunakan sistem dan perintah-perintahnya mudah diingat.
5) Kesalahan
: tingkat kesalahan yang kecil.
6) Kepuasan
subjektif : bagaimana sistem nyaman digunakan.
3. Jelaskan
pengertian Daya Guna Heuristik ? serta sebutkan prinsip-prinsip Daya Guna
Heuristik.!
Jawab : Daya
Guna heuristik merupakan prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user
interface. prinsip-prinsip Daya Guna Heuristik diantaranya adalah :
1) Dialog
yang sederhana dan alami (simple and
natural dialogue).
2) Berbicara
dengan bahasa user (speak the user
language).
3) Mengurangi
beban ingatan user (minimize user memory
load).
4) Konsisten
(consistency).
5) Sistem
timbal-balik (system feedback).
6) Jalan
keluar yang jelas (clearly mark exits)
7) Jalan
pintas (short-cut).
8) Pesan-pesan
kesalahan yang baik (good erroe messages).
9) Mencegah
kesalahan (prevent errors).
10) Bantuan
dan dokumentasi (help and documentation).
BAB VI : DESAIN
1. Menurut
Anda, Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal
( diterima secara umum ) ?
Jawab
: Karena dalam interface dibutuhkan sebuah pendekatan desain untuk menghasilkan
fasilitas dan juga produk bagi semua orang. Desain yang baik dilengkapi dengan
perhatian terhadap faktor manusia pengguna dapat menjadi kunci pemecahan
masalah dalam desain universal.
2. Apa
yang dimaksud dengan jelaskan
User-Centered Design (UCD) ? jelaskan.
Jawab
: User centered design (UCD) adalah proses desain yang berfokus pada kebutuhan
pengguna. Produk yang dikembangkan dengan pendekatan UCD, dioptimalkan
untuk end-user serta ditekankan pada bagaimana kebutuhan atau
keinginan end-user terhadap penggunaan suatu produk. Desain
dirancang dengan adaptasi terhadap behavior atau perilaku
pengguna dalam menggunakan produk sehingga produk yang dikembangkan tidak
memaksa pengguna untuk mengubah perilakunya ketika menggunakan produk tersebut.
Tujuannya adalah agar produk yang dikembangkan dapat bermanfaat serta mudah
digunakan bagi pengguna.
3. Sebutkan
dan jelaskan Komponen Antarmuka.
Jawab
:
a. Model pengguna : model konseptual yang diinginkan
pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan pada informasi
tersebut.
b. Bahasa perintah (command language) : peranti
pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa alami.
c. Umpan balik : untuk memberi keyakinan bahwa program
telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah tersebut
termasuk kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasian
program itu sendiri.
d. Tampilan informasi : digunakan untuk menunjukkan
status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan.
DAFTAR RUJUKAN
Indonesia
wikipedia bahasa. 2017. Organisasi Internasional untuk Standardisasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Internasional_untuk_Standardisasi
. (03 April 2018)
Naufalsyairah.
2016. DAYA GUNA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. https://naufalsyairah.wordpress.com/2016/11/26/daya-guna-dalam-interaksi-manusia-dan-komputer/
. (03 April 2018)
Febriana
fitri. 2017. User Centered Design. https://medium.com/codelabs-unikom/user-centered-design-ee25536850b7
. (03 April 2018)
Tugaskampusamik.2017.
Tugas Interaksi Manusia Dengan Komputer III.
http://tugaskampusamik.blogspot.co.id/2017/05/tugas-interaksi-manusia-dan-komputer-iii.html
. (03 April 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar