Kamis, 05 April 2018

IMK-BAB V. DAYA GUNA DAN BAB VI. DESAIN


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU

BAB V. DAYA GUNA DAN BAB VI. DESAIN

NAMA              : RISKIANA
STAMBUK      : 20162008
EMAIL             : riskiana.kikhy@gmail.com
BLOG               : riskiana20162008.blogspot.co.id

PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M


PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018





TUGAS INDIVIDU

BAB V : DAYA GUNA

1.      Apa yang di maksud dengan Ineternational Organization for Standardization (ISO)..? serta jelaskan atribut daya guna menurut  ISO 1998 ?
Jawab : Organisasi Internasional untuk Standardisasi (bahasa Inggris: International Organization for Standardization), (bahasa Perancis: Organisation internationale de normalisation) atau disingkat ISO adalah badan penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional setiap negara.
Menurut ISO (1998), daya guna adalah tingkat produk dapat digunakan yang ditetapkan oleh user untuk mencapai tujuan secara efektif dan tingkat kepuasan dalam menggunakannya. Menurut ISO 1998, daya guna atribut terdiri dari :
a.    Efektivitas  : ketelitian dan kelengkapan di mana user mencapai tujuan.
b. Efisiensi  : sumber daya pembelajaran dalam hubungannya dengan ketelitian dan kelengkapan untuk user.
c.    Kepuasan : bebas dari ketidak-nyamanan dan sikap positif dalam menggunakan produk.


2.      Sebutkan dan jelaskan 6 atribut daya guna.
Jawab :  
1)      Efektifitas : ketelitian dan kelengkapan dimana pengguna mencapai gol mereka.
2)      Learnabilitas : mudah untuk dipelajari oleh user baru.
3)      Efisiensi : steady-state / keadaan kemantapan penampilan pengguna ahli.
4)      Memorabilitas : mudah di dalam menggunakan sistem dan perintah-perintahnya mudah diingat.
5)      Kesalahan : tingkat kesalahan yang kecil.
6)      Kepuasan subjektif : bagaimana sistem nyaman digunakan.


3.   Jelaskan pengertian Daya Guna Heuristik ? serta sebutkan prinsip-prinsip Daya Guna Heuristik.!
Jawab : Daya Guna heuristik merupakan prinsip atau panduan untuk merekayasa bentuk user interface. prinsip-prinsip Daya Guna Heuristik diantaranya adalah :
1)      Dialog yang sederhana dan alami (simple and natural dialogue).
2)      Berbicara dengan bahasa user (speak the user language).
3)      Mengurangi beban ingatan user (minimize user memory load).
4)      Konsisten (consistency).
5)      Sistem timbal-balik (system feedback).
6)      Jalan keluar yang jelas (clearly mark exits)
7)      Jalan pintas (short-cut).
8)      Pesan-pesan kesalahan yang baik (good erroe messages).
9)      Mencegah kesalahan (prevent errors).
10)  Bantuan dan dokumentasi (help and documentation).




BAB VI : DESAIN


1.      Menurut Anda, Mengapa dalam membuat desain interface membutuhkan desain yang universal ( diterima secara umum ) ?
Jawab : Karena dalam interface dibutuhkan sebuah pendekatan desain untuk menghasilkan fasilitas dan juga produk bagi semua orang. Desain yang baik dilengkapi dengan perhatian terhadap faktor manusia pengguna dapat menjadi kunci pemecahan masalah dalam desain universal.


2.      Apa yang dimaksud dengan  jelaskan User-Centered Design (UCD) ? jelaskan.
Jawab : User centered design (UCD) adalah proses desain yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Produk yang dikembangkan dengan pendekatan UCD, dioptimalkan untuk end-user serta ditekankan pada bagaimana kebutuhan atau keinginan end-user terhadap penggunaan suatu produk. Desain dirancang dengan adaptasi terhadap behavior atau perilaku pengguna dalam menggunakan produk sehingga produk yang dikembangkan tidak memaksa pengguna untuk mengubah perilakunya ketika menggunakan produk tersebut. Tujuannya adalah agar produk yang dikembangkan dapat bermanfaat serta mudah digunakan bagi pengguna.


3.      Sebutkan dan jelaskan Komponen Antarmuka.
Jawab :
a.  Model pengguna : model konseptual yang diinginkan pengguna dalam memanipulasi informasi dan proses yang diaplikasikan pada informasi tersebut.
b.  Bahasa perintah (command language) : peranti pemanipulasian model, idealnya dengan menggunakan bahasa alami.
c.     Umpan balik : untuk memberi keyakinan bahwa program telah menerima perintah pengguna dan dapat memahami maksud perintah tersebut termasuk kemampuan sebuah program yang membantu pengguna untuk mengoperasian program itu sendiri.
d.   Tampilan informasi : digunakan untuk menunjukkan status informasi atau program ketika pengguna melakukan suatu tindakan.




DAFTAR RUJUKAN

Indonesia wikipedia bahasa. 2017. Organisasi Internasional untuk Standardisasi. https://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Internasional_untuk_Standardisasi . (03 April 2018)
Naufalsyairah. 2016. DAYA GUNA DALAM INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. https://naufalsyairah.wordpress.com/2016/11/26/daya-guna-dalam-interaksi-manusia-dan-komputer/ . (03 April 2018)
Febriana fitri. 2017. User Centered Design. https://medium.com/codelabs-unikom/user-centered-design-ee25536850b7 . (03 April 2018)
Tugaskampusamik.2017. Tugas Interaksi Manusia Dengan Komputer III.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar