AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
TRI DHARMA PALU
BAB
3 KOMPUTER DAN BAB 4 INTERAKSI
NAMA :
RISKIANA
STAMBUK : 20162008
BLOG : riskiana20162008.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2018
TUGAS INDIVIDU
Soal :
1. Sebutkan
perkembangan sistem operasi windows serta jelaskan kelebihan dan kekurangannya.
Jawab : Sistem
operasi adalah program yang menyambungkan antara hardware,software dan
brainware. Perkembangan sistem operasi windows yaitu :
a) Windows
1.0
Windows
1.0 diperkenalkan pada tanggal 10 november 1983 dan dirilis pada tanggal 20
november 1985.
· Kelebihan
1) Pengguna
tidak peru keluar ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.
2) Mendukung
multitasking dan banyak program.
· Kekurangan
1) Tampilan
yang kurang menarik.
2) Hanya
sedikit hardware yang bisa di gunakan.
b)
Windows 2.0
Windows 2.0
dirilis pada tanggal 9 desember 1987
·
Kelebihan
1)
Dapat menampilkan resolusi hingga
640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna).
2)
Windows 2.x juga mendukung penggunaan
prosesor Intel 80286.
·
Kekurangan
1)
Hanya mampu mengakses memori hingga 1
megabita saja.
2) Tampilan
sama seperti windows 1.0.
c)
Windows 3.0
Windows 3.0 ini
dirilis pada tanggal 22 Mei 1990.
·
Kelebihan
Adanya
peningkatan performa, adanya VGA (Video Graphic Array), Multitasking.
·
Kekurangan
Dikompilasi
dengan menggunakan 16 bit, tidak menggunakan microprocessor Intel yang
merupakan processor 32 Bit.
d)
Windows 95 (Chicago)
Windows 95
(Chicago) dalam masa pengembangan Dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995.
·
Kelebihan
Memiliki
tampilan Gui yang baru, tersedianya browser Internet Explorer, Tersedianya USB.
·
Kelemahan
Tidak
Dirilis untuk masyarakat luas.
e)
Windows 98
Windows 98
Dirilis pada tanggal 15 Mei 1998 untuk pabrikan dan masyarakat.
·
Kelebihan
Cocok untuk
Hardware lama, Ukuran Installer Kecil, Bisa diinstal dari dos, Bisa booting ke
dos.
·
Kekurangan
Susahnya
mencari card Driver, Tak mendukung/ tidak bisa diinstal perangkat baru, Tidak
ada Versi 64 Bit.
f)
Windows 2000 (NT 4.0)
Windows 2000 (NT
4.0) Ini dirilis pada tanggal 17 Februari 2000.
·
Kelebihan
Kecepatan akses lebih
tinggi, keamanan jaringan lebih baik, server memiliki kemampuan khusus.
·
Kekurangan
Biaya
Operasi Relatif Mahal, Terlalu banyak Service yang tidak berguna, Sedikit Sulit
mengimplementasikan AD.
g)
Windows MS
Windows MS di
rilis pada tanggal 14 september 2000.
·
Kelebihan
1)
Penambahan fitur antarmuka dari Windows
2000, seperti fitur untuk menonaktifkan 'Drag and Drop' pada Tasbar dan Start
Menu.
2)
Windows ME Jjuga menambahkan fitur untuk
sistem seperti System Configuration Utility, System Monitor, SCANDISK, dan Automatic
Updates.
·
Kekurangan
1)
Beberapa fitur seperti Automated
Instalation, Active Directory Client services, System Policy Editor, Personal
Web Server dan ASP tidak didukung oleh Windows ME.
2) Fitur-fitur
lain yang dihapus dari Windows ME diantaranya adalah Microsoft Fax, QuickView
dan DriveSpace
h)
Windows xp
Windows xp
dirilis pada tanggal 25 oktober 2001.
·
Kelebihan
Hemat Resource
ketika booting, Banyak Aplikasi yang mendukung Windows XP, Tools yang kompleks,
namun relatif ringan dan mudah dipahami, Plug and Play bekerja otomatis,
Windows XP lebih stabil dalam kecepatan kinerja.
·
Kekurangan
Sistem keamanan
kurang baik, Resiko kehilangan data sangat besar, Network Security sangat
lambat, Terlalu banyak system crash.
i)
Windows vista
Windows vista 30
januari 2007 .
·
Kelebihan
Secara otomatis
dapat mengaktifkan firewall, proteksi security windows Vista lebih aman, resiko
kehilangan data lebih kecil, dilengkapi dengan Digital Signature.
·
Kekurangan
Pemakai
dibuat bingung, Ukuran Source code terlalu besar, Kinerja lambat,
Komponen-Komponen yang hilang.
j)
Windows 7
Windows 7 ke
pihak pabrik dirilis pada tanggal 22 juli 2009 dan dirilis ke pihak umum pada
tanggal 22 oktober 2009.
·
Kelebihan
Kompatibel yang
lebih baik,mengelolah perangkat menjadi lebih mudah,multi-traskling menjadi
lebih mudah.
·
Kekurangan
Bug
pada windows 12,beberapa aplikasi belum bisa di instal di windows 7.
k)
Windows 8
Windows 8 rilis
pada tanggal 26 juni 2013.
·
Kelebihan
Tampilan lebih
dinamis, proses booting lebih cepat, Windows 8 Lebih aman, Cocok untuk semua Software.
·
Kekurangan
Tidak
terdapat Tombol Start dan Close, Terdapat banyak hidden File.
l)
Windows 10
Dirilis pada
tanggal 29 juli 2015.
·
Kelebihan
1)
Windows 10 akan memakai versi terbaru
dari DirectX, yaitu DirectX 12.
2)
Tambahan aplikasi commands ( Perintah ).
·
Kekurangan
1)
Ditujukan untuk PC expert dan enthusiast.
2)
Belum final secara desain, fitur, dan
performa
2. Jelaskan
dan Sebutkan Perangkat Input Device, Procces Device dan Output Device.
Jawab : a. Perangkat
Input Device
Input device merupakan perangkat
keras yang berfungsi untuk memasukan suatu data dan perintah kedalam suatu
sistem komputer. Alat input ini tidak bisa bekerja dengan fungsinya tanpa
adanya suatu software yang menjadi pendukungnya atau sering kita kenal dengan
nama Driver.
1)
Keyboard
Keyboard
(Papan Ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang
mewakili huruf, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard
komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi
beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu.
2)
MOUSE
Mouse ( Alat
Klik dan Kursor ) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi
dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor
(pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll
(tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan
default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.
3)
WEBCAM
Webcam ( Kamera
portable) adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di
atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan
video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer.
Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.
4)
JOYSTICK
Joystick ( Alat
Bermain Game ) adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau
seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan
pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows
karena sama-sama buatan Microsoft.
5)
SCANNER
Scanner ( Alat
pengganda Hard Copy ) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data
analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan
printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa
gambar ataupun file PDF.
6)
BARCODE SCANNER
Barcode scanner
( Alat Pemindai Kode Barcode ) adalah alat yang berupa gagangan dan berisi
laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai
barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah
produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah
kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi
gudang.
7)
FLASHDISK
Flashdisk (
Penyimpanan Portable ) mempunyai jenis input komputer tidak langsung yang
berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat portable. flashdisk juga bisa
digunakan sebagai media untuk menyalin suatu data dari komputer satu ke
komputer yang lainnya, atau hanya dari komputer ke flashdik.
8)
PEMINDAI SIDIK JARI ( PINGER PRINT )
Pinger Print (
Pemindai Sidik Jari ) adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan
menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat
pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi atau pun digunakan
sebagai pengaman lainnya.
9)
TOUCHPAD
Secara
fungsionalnya Touchpad ini berfungsi layaknya seperti mouse, yakni sebagai
media yang digunakan untuk melakukan pergerakkan atau action pada pointer.
Namun yang membedakannya, jika pada mouse kita menggunakan aktivitas genggaman
dan geser, jika pada touchpad ini kita menggunakan media sensor kulit pada jari
tangan.
10)
TRACKBALL
Fungsi utama
dari alat Trackball ini adalah sebagai media untuk mensimulasikan pergerakan
vertikal mouse, sehingga pengguna tidak
perlu menggerakkan mouse berulang kali
untuk dapat menaikkan atau menurunkan
layar.
11)
LIGHT PEN
Secara garis
besar light pen bisa digunakan atau difungsikan untuk beberapa kebutuhan di
perangkat komputer yang sudah support dengan teknologi touchscreen, salah satunya
adalah untuk memodifikasi atau mendesain
gambar dengan mode screen.
12)
MICROPHONE & HEADPHONE
Secara garis
besarnya Microphone dan Headphone berfungsi untuk merekam, serta
mendengarkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer, selain itu kita
juga dapat berbicara dengan orang lain
pada saat chatting atau saat
berinteraksi via video call.
13)
GRAPHIC PAD
Graphic Pad
biasanya digunakan untuk membuat dan merancang design sebuah gambar yang
nantinya akan ditampilkan dilayar monitor komputer yang sudah terintegrasi
dengan alat tersebut (graphic pad).
14)
CD (Compact Disk) / DVD (Digital
Versatile Disc)
CD atau DVD
merupakan perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data
menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik, keping cd dan dvd ini
dapat dibaca hanya melalui perangkat keras CD/DVD ROM.
15)
CD / DVD ROM
Perangkat keras
satu ini, digunakan atau difungsikan sebagai media untuk membaca keping CD atau
DVD yang nantinya akan menampilkan sebuah data berupa file, suara/audio dan
juga file video.
16)
CARD READER
Card Reader
befungsi sebagai media untuk membaca dan mengakses memori card / SD Card di
perangkat komputer melalui USB port komputer.
17)
KABEL DATA
Penggunaan kabel
data memang jarang sekali digunakan pada awalnya, namun saat ini kabel data
juga merupakan suatu alat yang bsia dikatakan menjadi suatu kebutuhan yang
wajib anda miliki. pasalnya kabel data ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan
perangkat handphone atau smartphone, baik untuk kebutuhan Charger atau untuk
menyalin dan memindahkan data.
b. Procces
Device
Process
device adalah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai
pemroses dan pengolah data yang dimasukkan melalui input device kemudian di
keluarkan melalui output device dalam bentuk informasi sehingga akan diterima
oleh brainware. Perangkat keras komputer yang memegang tugas sebagai alat
proses disebut dengan nama Central Processing Unit (CPU).
1)
Random Access Memory (RAM)
RAM pada
komputer adalah singkatan dari Random Access Memory atau biasa disebut dengan
istilah singkat yaitu memori. RAM komputer adalah salah satu perangkat keras
pemrosesan yang memiliki berperan sebagai memori tempat penyimpanan sementara
(volatile dan temporer) pada saat komputer sedang beroperasi atau aktif serta
bersifat acak (random) atau disebut juga dengan memori kinerja komputer.
2)
VGA (Video Graphics Array/Accelerator)
Card
Kartu grafis
atau VGA Card adalah kartu yang menghubungkan motherboard dengan monitor.
Fungsi VGA Card adalah yang melakukan pemrosesan sehingga mengubah atau
menerjemahkan sinyal digital berupa dari komputer ke monitor untuk menghasilkan
output berupa visual dengan akselerasi grafis yang cepat dan tampilan yang
tajam, halus dan bersih pada tampilan monitor. VGA Card sangat umum digunakan
bagi pengguna yang suka bermain game atau membuat desain grafis karena dapat
memaksimalkan tampilan ataupn kecepatan akselerasi video.
3)
Motherboard
Motherboard atau
sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer
yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer
seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat
lainnya. Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah
computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode
antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja
perangkat komputer.
4)
Power Supply (PSU)
Power supplay
adalah Perangkat yang menyediakan arus listrik untuk berbagai perangkat yang
terhubung dengannya, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran
listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan
kwalitas kinerja komputer. Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya
dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard
sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.
5)
Processor
Processor adalah
sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai
perangkat komputer yang paling utama pada komputer. Processor atau di kenal
juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer
yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah
perintah.
6)
I/O Card
Input/Output
Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan
antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga
berfungsi menghubungkan pc dengan hard disk serta floppy disk drive.
c. Output Device
Output Komputer atau output devices merupakan suatu
perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan suatu
keluaran / tampilan seperti grafik, gambar, kertas atau hard copy, contohnya
seperti mesin printer yang berguna sebagai mesin cetak sebuah file / dokumen.
1)
MONITOR
Monitor atau
sering disebut dengan layar komputer merupakan suatu VDT ( Video Display
Terminal ) yang berfungsi sebagai suatu media yang dijadikan tempat berlabuhnya
sebuah visual dari data - data yang yang diproses pada perangkat komputer
diamana pada hasilnya pengguna komputer bisa merasakan dan melihat suatu
aktivitas video ataupun gambar melalui monitor.
2)
PRINTER (MESIN CETAK)
Printer atau
mesin cetak merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk
melakukan pencetakan data atau dokumen yang terdapat pada komputer dimana data
tersebut telah melalui sebuah proses khusus untuk bisa menghasilkan suatu
cetakan dengan type hardCopy.
3)
SPEAKER
Speaker
merupakan suatau perangkat output yang dipsang secara khusus terhubung pada
sebuah souncard yang terpasang pada perangkat komputer, dimana pada akhirnya
akan menghasilkan suatu data output berupa suara yang bisa didengar dan
dinikmati oleh pengguna komputer.
4)
PROJECTOR / PROYEKTOR
Projector /
Proyektor merupakan suatu output komputer yang mempunyai fungsi sebagai alat
untuk memancarakan artau memantulkan suatu layar asli dari laptop atau komputer
pada media datar seperti dinding atau bisa juga dengan menggunakan alat yang
sudah dirancang sebagai media pelepas cahaya tersebut seperti halnya layar
tancap yang digunakan untuk menonton sebuah film.
5)
PLOTTER
Plotter
merupakan suatu output komputer seperti layaknya sebuah printer yang
mempunyai fungsi untuk melakukan sebuah
percetakan berupa hard copy dari desain digital yang sebelumnya sudah dilakukan
penyetelan .
6)
CD / DVD ROM
CD / DVD Rom merupakan
media yang digunakan untuk membaca suatu data atau dokumen yang berada dalam
keping CD atau DVD, selain berfungsi sebagai media untuk membaca keping CD,
CD/DVD Rom ini juga berfungsi sebagai media untuk melakukan sebuah penyalinan
data dari komputer ke keping CD/DVD dengan metode pembakaran (burning) yang
dibantu dengan perangkat lunak pendukungnya.
3. Jelaskan
mengapa dalam perkembangan software pada saat ini membutuhkan semakin
meningkatnya kebutuhan resource hardware?
Jawab : Karena
pihak developer akan membuat inovasi dan perbaikan terus pada sebuah software
yang lebih baik dari pendahulunya seperti menambah fitur-fitur baru atau
memperbaikinya. Dengan bertambahnya waktu maka software tersebut akan semakin
banyak fitur-fitur didalamnya. Dan untuk memaksimalkan proses, sebuah software
akan membutuhkan banyak proses dan program lainnya untuk menjalankan software
tersebut. Aplikasi akan menampilkan banyak fitur yang tentunya akan menambahkan
beban pada RAM.
4. Apakah
pengaruhnya perkembangan software dan hardware kepada interface user? Berikan
contoh!
Jawab : Dengan
semakin berkembanya teknologi perkembang sofwer dan hardware pun akan
berkrmbang, dengan perkembangan ini otomatis akan berdampak pada interface user
yang akan mempermudah pengguna.
5. Sebutkan
perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD Screen?
Jawab :
Perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD dilihat dari segi Kelebihan dan
kekurangan, adalah sebagai berikut:
a) Ukuran
fisik
Ukuran
fisik monitor CRT jauh lebih besar, karena memerlukan ruang untuk tabung CRT.
Ukuran LCD lebih ramping sehingga sesuai untuk tempat yang terbatas atau untuk
laptop.
b) Warna
Awalnya,
warna monitor LCD hanya ratusan hingga ribuan jenis, sedang CRT sudah mencapai
jutaan. Namun, LCD-LCD jenis baru telah dapat memproduksi warna yang tak
terbatas sehingga tampilan lebih halus.
c) Resolusi
Umumnya
monitor CRT dapat menampilkan berbagai variasi resolusi, sedangkan monitor LCD
hanya memiliki satu resolusi native, yaitu resolusi di mana tampilan yang
dihasilkan mempunyai gambar paling jelas. Keadaan ini merupakan resolusi LCD
tertinggi yang dapat dijangkaunya.
d) Kecerahan
Pada
CRT kecerahan gambar tidak menjadi masalah. Pada LCD, mengingat pancaran cahaya
dilakukan dari belakang, LCD memiliki level kecerahan yang berbeda dengan CRT.
Ukuran kecerahan LCD biasanya dinyatakan dalam satuan nits, yaitu berkisar
antara 70-250 nits. Semakin tinggi nilai nits, maka semakin cerah tampilan
gambarnya.
e) Sudut
Penglihatan
Dibandingkan
dengan CRT, monitor LCD memiliki sudut penglihatan yang lebih kecil, sehingga
warna yang muncul bisa berubah jika
dilihat dari samping atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Namun
monitor LCD dewasa ini telah memiliki sudut pandang yang lebih luas lagi.
f) Pemakaian
Daya dan Emisi Radiasi
LCD
hanya memerlukan daya listrik yang kecil untuk pengoperasiannya dan tidak
mengeluarkan emisi radiasi yang berbahaya jika dibandingkan dengan monitor CRT.
Rata-rata monitor komputer memerlukan daya listrik 110 watt, sedangkan LCD
memerlukan sekitar 30 hingga 40 watt.
g) Harga
Monitor
LCD lebih mahal dibandingkan dengan jenis CRT.
6. Jelaskan
tentang posisi yang baik dalam menggunakan komputer yang berkaitan dengan aspek
kenyamanan?
Jawab : 1) Aturlah posisi tubuh ketika bekerja
menggunakan komputer sehingga merasa aman;
2) Aturlah posisi perangkat komputer dan
ruangan sehingga merasa nyaman;
3) Makan, minum
dan beristirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan membuang air kecil karena
terlalu asyik bekerja menggunakan komputer;
4) Sesekali
gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah
secara teratur;
5) Sesekali
alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.
7. Sebagai
seorang programer, hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah
special purpose software?
Jawab : 1) Konsisten pada semua form
2) Berikan keterangan pada tabel / gridview kosong
3) Buatlah splash screen untuk mengawali program
berjalan
4) Selalu berikan loading pada setiap load data
5) Cobalah dengan tata letak menu yang tidak biasa
6) Gelapkan / Blur-kan tampilan belakang jika ada
form show
7) Berikan tooltip pada bagian - bagian yang mungkin
membutuhkan keterangan lebih
8) Jangan lupakan shortcut
9) Berikan fitur find pada tabel yang memuat data
banyak
10) Jangan abaikan fitur HELP
8. Bagaimanah
cara pemilihan peralatan output yang baik yang berkaitan dengan aspek interaksi
manusia dan komputer?
Jawab : pemilihan
perangkat output seperti Monitor, Printer, atau mungkin speaker aktif ada
beberapa hal yang perlu di perhatikan antara lain :
a. kenyamanan
pengguna dalam menggunakan perangkat tersebut.
b. kualitas
yang dihasilkan dari perangkat tersebut.
c. Dan
yang terpenting, budget atau biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan
perangkat2 tersebut.
9. Sekarang
ini sudah dikenal pengenalan ucapan sebagai inputan untuk komputer, bagaimana
konsep dari pengenalan ucapan ini?
Jawab : Pengenalan
ucapan dalam perkembangan teknologinya merupakan bagian dari pengenalan suara
(proses identifikasi seseorang berdasarkan suaranya). Pengenalan suara sendiri
terbagi menjadi dua, yaitu pengenalan pembicara (identifikasi suara berdasarkan
orang yang berbicara) dan pengenalan ucapan (identifikasi suara berdasarkan
kata yang diucapkan).
10. Sebutkan
teknik pemilihan peralatan input yang baik.
Jawab : Berdasarkan sifatnya,
peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1) Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner.
2) Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
11. Menurut
Anda Apa yang di maksud dengan Ergonomi dalam interaksi manusia dan komputer ?
Jawab : Menurut
saya, ergonomi adalah suatu peraturan dimana ilmu yang memanfaatkan informasi-informasi
menganai sifat, dan mengaplikasikan informasi tentang perilaku manusia,
kemampuan, keterbatasan dan karakteristik.
DAFTAR RUJUKAN
Satria.
2017. Sejarah windows dari windows 1.0 sampai 10. http://belajarkomputeragung.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-windows-dari-windows-10-sampai.html
. (14 Maret 2018)
Basi
kopi hitam. 2017. Pengertian Input Komputer (Input Device) dan Macam - Macam
Input Komputer.http://www.komputerdia.com/2016/12/pengertian.input.device.atau.input.komputer.dan.macam.macam.input.komputer.htm
. (14 Maret 2018)
Agfir
agun. 2016. [Process Device] Perangkat Keras Pemrosesan Pada Komputer
(Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya). https://iptektikom.blogspot.co.id/2016/09/hardware-process-device-perangkat-keras-pemrosesan.html
. (14 Maret 2018)
Basi
kopi hitam. 2017. Pengertian Output Komputer dan Macam - Macam Output Komputer.
http://www.komputerdia.com/2016/12/pengertian.output.komputer.atau.output.devices.dan.macam.macam.output.komputer.html
. (14 Maret 2018)
Indonesia
brainly. 2017. perkembangan software. https://brainly.co.id/tugas/10907586
. (15 Maret 2018)
Fitriansyah.
2008. Perbedaan Monitor CRT dan LCD. https://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/02/perbedaan-monitor-crt-dan-lcd/
. (15 Maret 2018)
Amin
mochhammad karin al. 2015. Posisi Tubuh Ketika Menggunakan Komputer yang Baik
dan Benar. https://www.kompasiana.com/karim/posisi-tubuh-ketika-menggunakan-komputer-yang-baik-dan-benar_550deba8813311c22cbc6068
. (17 Maret 2018)
Indonesia wikipedia bahasa. 2017. Pengenalan ucapan.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan
. (21 Maret 2018)
Sridianti tanti. 2015. PANDUAN MEMILIH PIRANTI
KOMPUTER. http://tantifitriasridianti.blogspot.co.id/2011/06/panduan-memilih-piranti-komputer.html
. (23 Maret 2018)
Addict kaskus. 2009. 10 tips yang perlu diperhatikan
dalam pembuatan software. https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016613303/10-tips-yang-perlu-diperhatikan-dalam-pembuatan-software/
. (23 Maret 2018)
Semester 4
BalasHapus