Jumat, 23 Maret 2018

Komputer dan Interaksi


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU

BAB 3 KOMPUTER DAN BAB 4 INTERAKSI
NAMA              : RISKIANA
STAMBUK      : 20162008
EMAIL             : riskiana.kikhy@gmail.com
BLOG               : riskiana20162008.blogspot.co.id

PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M


PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018


TUGAS INDIVIDU
Soal :
1.      Sebutkan perkembangan sistem operasi windows serta jelaskan kelebihan dan kekurangannya.
Jawab : Sistem operasi adalah program yang menyambungkan antara hardware,software dan brainware. Perkembangan sistem operasi windows yaitu :
a)      Windows 1.0
Windows 1.0 diperkenalkan pada tanggal 10 november 1983 dan dirilis pada tanggal 20 november 1985.
·      Kelebihan
1)   Pengguna tidak peru keluar ke DOS terlebih dahulu untuk menjalankan program DOS.
2)   Mendukung multitasking dan banyak program.
·      Kekurangan
1)   Tampilan yang kurang menarik.
2)   Hanya sedikit hardware yang bisa di gunakan.
b)      Windows 2.0
Windows 2.0 dirilis pada tanggal 9 desember 1987
·      Kelebihan
1)   Dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna).
2)   Windows 2.x juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286.
·      Kekurangan
1)   Hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabita saja.
2)   Tampilan sama seperti windows 1.0.
c)      Windows 3.0
Windows 3.0 ini dirilis pada tanggal 22 Mei 1990.
·      Kelebihan
Adanya peningkatan performa, adanya VGA (Video Graphic Array), Multitasking.
·      Kekurangan
Dikompilasi dengan menggunakan 16 bit, tidak menggunakan microprocessor Intel yang merupakan processor 32 Bit.
d)     Windows 95 (Chicago)
Windows 95 (Chicago) dalam masa pengembangan Dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995.
·      Kelebihan
Memiliki tampilan Gui yang baru, tersedianya browser Internet Explorer, Tersedianya USB.
·      Kelemahan
Tidak Dirilis untuk masyarakat luas.
e)      Windows 98
Windows 98 Dirilis pada tanggal 15 Mei 1998 untuk pabrikan dan masyarakat.
·      Kelebihan
Cocok untuk Hardware lama, Ukuran Installer Kecil, Bisa diinstal dari dos, Bisa booting ke dos.
·      Kekurangan
Susahnya mencari card Driver, Tak mendukung/ tidak bisa diinstal perangkat baru, Tidak ada Versi 64 Bit.
f)       Windows 2000 (NT 4.0)
Windows 2000 (NT 4.0) Ini dirilis pada tanggal 17 Februari 2000.
·      Kelebihan
Kecepatan akses lebih tinggi, keamanan jaringan lebih baik, server memiliki kemampuan khusus.
·      Kekurangan
Biaya Operasi Relatif Mahal, Terlalu banyak Service yang tidak berguna, Sedikit Sulit mengimplementasikan AD.
g)      Windows MS
Windows MS di rilis pada tanggal 14 september 2000.
·      Kelebihan
1)   Penambahan fitur antarmuka dari Windows 2000, seperti fitur untuk menonaktifkan 'Drag and Drop' pada Tasbar dan Start Menu.
2)   Windows ME Jjuga menambahkan fitur untuk sistem seperti System Configuration Utility, System Monitor, SCANDISK, dan Automatic Updates.
·      Kekurangan
1)   Beberapa fitur seperti Automated Instalation, Active Directory Client services, System Policy Editor, Personal Web Server dan ASP tidak didukung oleh Windows ME.
2)   Fitur-fitur lain yang dihapus dari Windows ME diantaranya adalah Microsoft Fax, QuickView dan DriveSpace
h)      Windows xp
Windows xp dirilis pada tanggal 25 oktober 2001.
·      Kelebihan
Hemat Resource ketika booting, Banyak Aplikasi yang mendukung Windows XP, Tools yang kompleks, namun relatif ringan dan mudah dipahami, Plug and Play bekerja otomatis, Windows XP lebih stabil dalam kecepatan kinerja.
·      Kekurangan
Sistem keamanan kurang baik, Resiko kehilangan data sangat besar, Network Security sangat lambat, Terlalu banyak system crash.
i)        Windows vista
Windows vista 30 januari 2007 .
·      Kelebihan
Secara otomatis dapat mengaktifkan firewall, proteksi security windows Vista lebih aman, resiko kehilangan data lebih kecil, dilengkapi dengan Digital Signature.
·      Kekurangan
Pemakai dibuat bingung, Ukuran Source code terlalu besar, Kinerja lambat, Komponen-Komponen yang hilang.
j)        Windows 7
Windows 7 ke pihak pabrik dirilis pada tanggal 22 juli 2009 dan dirilis ke pihak umum pada tanggal 22 oktober 2009.
·      Kelebihan
Kompatibel yang lebih baik,mengelolah perangkat menjadi lebih mudah,multi-traskling menjadi lebih mudah.
·      Kekurangan
Bug pada windows 12,beberapa aplikasi belum bisa di instal di windows 7.
k)      Windows 8
Windows 8 rilis pada tanggal 26 juni 2013.
·      Kelebihan
Tampilan lebih dinamis, proses booting lebih cepat, Windows 8 Lebih aman, Cocok untuk semua Software.
·      Kekurangan
Tidak terdapat Tombol Start dan Close, Terdapat banyak hidden File.
l)        Windows 10
Dirilis pada tanggal 29 juli 2015.
·      Kelebihan
1)        Windows 10 akan memakai versi terbaru dari DirectX, yaitu DirectX 12.
2)        Tambahan aplikasi commands ( Perintah ).
·      Kekurangan
1)        Ditujukan untuk PC expert dan enthusiast.
2)        Belum final secara desain, fitur, dan performa

2.      Jelaskan dan Sebutkan Perangkat Input  Device, Procces Device dan Output Device.
Jawab :  a. Perangkat Input  Device
Input device merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukan suatu data dan perintah kedalam suatu sistem komputer. Alat input ini tidak bisa bekerja dengan fungsinya tanpa adanya suatu software yang menjadi pendukungnya atau sering kita kenal dengan nama Driver.
1)        Keyboard
Keyboard (Papan Ketik) adalah perangkat keras yang penuh dengan tombol-tombol yang mewakili huruf, angka, karakter, dan beberapa fungsi tertentu. Keyboard komputer tentu saja berbeda jauh dengan keyboard (alat musik) yang hanya berisi beberapa tombol putih dan hitam yang mewakili nada tertentu.
2)        MOUSE
Mouse ( Alat Klik dan Kursor ) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.
3)        WEBCAM
Webcam ( Kamera portable) adalah perangkat keras berupa kamera kecil yang biasa ditempatkan di atas monitor/LCD. Fungsi webcam adalah untuk melakukan video call (panggilan video) dan bahkan juga dapat digunakan untuk ber-selfie di depan komputer. Hampir setiap laptop keluaran saat ini telah memiliki web cam.
4)        JOYSTICK
Joystick ( Alat Bermain Game ) adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.
5)        SCANNER
Scanner ( Alat pengganda Hard Copy ) adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar ataupun file PDF.
6)        BARCODE SCANNER
Barcode scanner ( Alat Pemindai Kode Barcode ) adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
7)        FLASHDISK
Flashdisk ( Penyimpanan Portable ) mempunyai jenis input komputer tidak langsung yang berfungsi sebagai media penyimpanan yang bersifat portable. flashdisk juga bisa digunakan sebagai media untuk menyalin suatu data dari komputer satu ke komputer yang lainnya, atau hanya dari komputer ke flashdik.
8)        PEMINDAI SIDIK JARI ( PINGER PRINT )
Pinger Print ( Pemindai Sidik Jari ) adalah perangkat keras yang dapat memindai sidik jari dan menampilkannya di komputer. Pemindai sidik jari biasanya berfungsi sebagai alat pengaman komputer atau sebagai salah satu mesin absensi atau pun digunakan sebagai pengaman lainnya.
9)        TOUCHPAD
Secara fungsionalnya Touchpad ini berfungsi layaknya seperti mouse, yakni sebagai media yang digunakan untuk melakukan pergerakkan atau action pada pointer. Namun yang membedakannya, jika pada mouse kita menggunakan aktivitas genggaman dan geser, jika pada touchpad ini kita menggunakan media sensor kulit pada jari tangan.
10)    TRACKBALL
Fungsi utama dari alat Trackball ini adalah sebagai media untuk mensimulasikan pergerakan vertikal  mouse, sehingga pengguna tidak perlu  menggerakkan mouse berulang kali untuk  dapat menaikkan atau menurunkan layar.
11)    LIGHT PEN
Secara garis besar light pen bisa digunakan atau difungsikan untuk beberapa kebutuhan di perangkat komputer yang sudah support dengan teknologi touchscreen, salah satunya adalah untuk memodifikasi atau mendesain  gambar dengan mode screen.
12)    MICROPHONE & HEADPHONE
Secara garis besarnya Microphone dan Headphone berfungsi untuk merekam, serta mendengarkan  suara yang akan disimpan dalam memori  komputer, selain itu kita juga dapat  berbicara dengan orang lain pada saat  chatting atau saat berinteraksi via video call.
13)    GRAPHIC PAD
Graphic Pad biasanya digunakan untuk membuat dan merancang design sebuah gambar yang nantinya akan ditampilkan dilayar monitor komputer yang sudah terintegrasi dengan alat tersebut (graphic pad).
14)    CD (Compact Disk) / DVD (Digital Versatile Disc)
CD atau DVD merupakan perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik, keping cd dan dvd ini dapat dibaca hanya melalui perangkat keras CD/DVD ROM.
15)    CD / DVD ROM
Perangkat keras satu ini, digunakan atau difungsikan sebagai media untuk membaca keping CD atau DVD yang nantinya akan menampilkan sebuah data berupa file, suara/audio dan juga file video.
16)    CARD READER
Card Reader befungsi sebagai media untuk membaca dan mengakses memori card / SD Card di perangkat komputer melalui USB port komputer.
17)    KABEL DATA
Penggunaan kabel data memang jarang sekali digunakan pada awalnya, namun saat ini kabel data juga merupakan suatu alat yang bsia dikatakan menjadi suatu kebutuhan yang wajib anda miliki. pasalnya kabel data ini mempunyai fungsi untuk menghubungkan perangkat handphone atau smartphone, baik untuk kebutuhan Charger atau untuk menyalin dan memindahkan data.
b.  Procces Device
   Process device adalah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang dimasukkan melalui input device kemudian di keluarkan melalui output device dalam bentuk informasi sehingga akan diterima oleh brainware. Perangkat keras komputer yang memegang tugas sebagai alat proses disebut dengan nama Central Processing Unit (CPU).
1)        Random Access Memory (RAM)
RAM pada komputer adalah singkatan dari Random Access Memory atau biasa disebut dengan istilah singkat yaitu memori. RAM komputer adalah salah satu perangkat keras pemrosesan yang memiliki berperan sebagai memori tempat penyimpanan sementara (volatile dan temporer) pada saat komputer sedang beroperasi atau aktif serta bersifat acak (random) atau disebut juga dengan memori kinerja komputer.
2)        VGA (Video Graphics Array/Accelerator) Card
Kartu grafis atau VGA Card adalah kartu yang menghubungkan motherboard dengan monitor. Fungsi VGA Card adalah yang melakukan pemrosesan sehingga mengubah atau menerjemahkan sinyal digital berupa dari komputer ke monitor untuk menghasilkan output berupa visual dengan akselerasi grafis yang cepat dan tampilan yang tajam, halus dan bersih pada tampilan monitor. VGA Card sangat umum digunakan bagi pengguna yang suka bermain game atau membuat desain grafis karena dapat memaksimalkan tampilan ataupn kecepatan akselerasi video.
3)        Motherboard
Motherboard atau sering juga di sebut sebagi mobo merupakan sebuah papan sirkuit pada komputer yang berfungsi untuk meletakkan dan menjaga koordinasi antara komponen komputer seperti processor, ram, kartu grafis, hardisk, cooling fan dan perangkat lainnya. Motherboard fungsinya menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
4)        Power Supply (PSU)
Power supplay adalah Perangkat yang menyediakan arus listrik untuk berbagai perangkat yang terhubung dengannya, power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Power supply berguna untuk menyediakan sumber daya dan mendistribusikan arus ke seluruh komponen komputer di dalam motherboard sehingga seluruh komponen dapat hidup dan bekerja sebagaimana fungsinya.
5)        Processor
Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer yang paling utama pada komputer. Processor atau di kenal juga dengan cpu (central processing unit) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagi otak atau inti komputer untuk mengeksekusi sebuah perintah.
6)        I/O Card
Input/Output Card ( I/O Card ) adalah sebuah kartu elektronik yang berfungsi menghubungkan antara motherboard dengan unit masukan dan unit keluaran. I/O Card juga berfungsi menghubungkan pc dengan hard disk serta floppy disk drive.
c. Output Device
Output Komputer atau output devices merupakan suatu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan suatu keluaran / tampilan seperti grafik, gambar, kertas atau hard copy, contohnya seperti mesin printer yang berguna sebagai mesin cetak sebuah file / dokumen.
1)      MONITOR
Monitor atau sering disebut dengan layar komputer merupakan suatu VDT ( Video Display Terminal ) yang berfungsi sebagai suatu media yang dijadikan tempat berlabuhnya sebuah visual dari data - data yang yang diproses pada perangkat komputer diamana pada hasilnya pengguna komputer bisa merasakan dan melihat suatu aktivitas video ataupun gambar melalui monitor.
2)      PRINTER (MESIN CETAK)
Printer atau mesin cetak merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk melakukan pencetakan data atau dokumen yang terdapat pada komputer dimana data tersebut telah melalui sebuah proses khusus untuk bisa menghasilkan suatu cetakan dengan type hardCopy.
3)      SPEAKER
Speaker merupakan suatau perangkat output yang dipsang secara khusus terhubung pada sebuah souncard yang terpasang pada perangkat komputer, dimana pada akhirnya akan menghasilkan suatu data output berupa suara yang bisa didengar dan dinikmati oleh pengguna komputer.
4)      PROJECTOR / PROYEKTOR
Projector / Proyektor merupakan suatu output komputer yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk memancarakan artau memantulkan suatu layar asli dari laptop atau komputer pada media datar seperti dinding atau bisa juga dengan menggunakan alat yang sudah dirancang sebagai media pelepas cahaya tersebut seperti halnya layar tancap yang digunakan untuk menonton sebuah film.
5)      PLOTTER
Plotter merupakan suatu output komputer seperti layaknya sebuah printer yang mempunyai  fungsi untuk melakukan sebuah percetakan berupa hard copy dari desain digital yang sebelumnya sudah dilakukan penyetelan .
6)      CD / DVD ROM
CD / DVD Rom merupakan media yang digunakan untuk membaca suatu data atau dokumen yang berada dalam keping CD atau DVD, selain berfungsi sebagai media untuk membaca keping CD, CD/DVD Rom ini juga berfungsi sebagai media untuk melakukan sebuah penyalinan data dari komputer ke keping CD/DVD dengan metode pembakaran (burning) yang dibantu dengan perangkat lunak pendukungnya.

3.      Jelaskan mengapa dalam perkembangan software pada saat ini membutuhkan semakin meningkatnya kebutuhan resource hardware?
Jawab : Karena pihak developer akan membuat inovasi dan perbaikan terus pada sebuah software yang lebih baik dari pendahulunya seperti menambah fitur-fitur baru atau memperbaikinya. Dengan bertambahnya waktu maka software tersebut akan semakin banyak fitur-fitur didalamnya. Dan untuk memaksimalkan proses, sebuah software akan membutuhkan banyak proses dan program lainnya untuk menjalankan software tersebut. Aplikasi akan menampilkan banyak fitur yang tentunya akan menambahkan beban pada RAM.
4.      Apakah pengaruhnya perkembangan software dan hardware kepada interface user? Berikan contoh!
Jawab : Dengan semakin berkembanya teknologi perkembang sofwer dan hardware pun akan berkrmbang, dengan perkembangan ini otomatis akan berdampak pada interface user yang akan mempermudah pengguna.
5.      Sebutkan perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD Screen?
Jawab : Perbedaan antara layar tampilan CRT dan LCD dilihat dari segi Kelebihan dan kekurangan, adalah sebagai berikut:
a)      Ukuran fisik
Ukuran fisik monitor CRT jauh lebih besar, karena memerlukan ruang untuk tabung CRT. Ukuran LCD lebih ramping sehingga sesuai untuk tempat yang terbatas atau untuk laptop.
b)      Warna
Awalnya, warna monitor LCD hanya ratusan hingga ribuan jenis, sedang CRT sudah mencapai jutaan. Namun, LCD-LCD jenis baru telah dapat memproduksi warna yang tak terbatas sehingga tampilan lebih halus.
c)      Resolusi
Umumnya monitor CRT dapat menampilkan berbagai variasi resolusi, sedangkan monitor LCD hanya memiliki satu resolusi native, yaitu resolusi di mana tampilan yang dihasilkan mempunyai gambar paling jelas. Keadaan ini merupakan resolusi LCD tertinggi yang dapat dijangkaunya.
d)     Kecerahan
Pada CRT kecerahan gambar tidak menjadi masalah. Pada LCD, mengingat pancaran cahaya dilakukan dari belakang, LCD memiliki level kecerahan yang berbeda dengan CRT. Ukuran kecerahan LCD biasanya dinyatakan dalam satuan nits, yaitu berkisar antara 70-250 nits. Semakin tinggi nilai nits, maka semakin cerah tampilan gambarnya.
e)      Sudut Penglihatan
Dibandingkan dengan CRT, monitor LCD memiliki sudut penglihatan yang lebih kecil, sehingga warna yang muncul bisa berubah jika  dilihat dari samping atau bahkan tidak terlihat sama sekali. Namun monitor LCD dewasa ini telah memiliki sudut pandang yang lebih luas lagi.
f)       Pemakaian Daya dan Emisi Radiasi
LCD hanya memerlukan daya listrik yang kecil untuk pengoperasiannya dan tidak mengeluarkan emisi radiasi yang berbahaya jika dibandingkan dengan monitor CRT. Rata-rata monitor komputer memerlukan daya listrik 110 watt, sedangkan LCD memerlukan sekitar 30 hingga 40 watt.
g)      Harga
Monitor LCD lebih mahal dibandingkan dengan jenis CRT.

6.      Jelaskan tentang posisi yang baik dalam menggunakan komputer yang berkaitan dengan aspek kenyamanan?
Jawab : 1)  Aturlah posisi tubuh ketika bekerja menggunakan komputer sehingga merasa aman;
2)   Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga merasa nyaman;
3) Makan, minum dan beristirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan membuang air kecil karena terlalu asyik bekerja menggunakan komputer;
4) Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Olah ragalah secara teratur;
5) Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata.

7.      Sebagai seorang programer, hal apa saja yang perlu anda perhatikan dalam membuat sebuah special purpose software?
Jawab : 1) Konsisten pada semua form
2) Berikan keterangan pada tabel / gridview kosong
3) Buatlah splash screen untuk mengawali program berjalan
4) Selalu berikan loading pada setiap load data
5) Cobalah dengan tata letak menu yang tidak biasa
6) Gelapkan / Blur-kan tampilan belakang jika ada form show
7) Berikan tooltip pada bagian - bagian yang mungkin membutuhkan keterangan lebih
8) Jangan lupakan shortcut
9) Berikan fitur find pada tabel yang memuat data banyak
10) Jangan abaikan fitur HELP

8.      Bagaimanah cara pemilihan peralatan output yang baik yang berkaitan dengan aspek interaksi manusia dan komputer?
Jawab : pemilihan perangkat output seperti Monitor, Printer, atau mungkin speaker aktif ada beberapa hal yang perlu di perhatikan antara lain :
a.    kenyamanan pengguna dalam menggunakan perangkat tersebut.
b.    kualitas yang dihasilkan dari perangkat tersebut.
c.    Dan yang terpenting, budget atau biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan perangkat2 tersebut.

9.      Sekarang ini sudah dikenal pengenalan ucapan sebagai inputan untuk komputer, bagaimana konsep dari pengenalan ucapan ini?
Jawab : Pengenalan ucapan dalam perkembangan teknologinya merupakan bagian dari pengenalan suara (proses identifikasi seseorang berdasarkan suaranya). Pengenalan suara sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pengenalan pembicara (identifikasi suara berdasarkan orang yang berbicara) dan pengenalan ucapan (identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan).
10.  Sebutkan teknik pemilihan peralatan input yang baik.
Jawab : Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
1) Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
2) Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
11.  Menurut Anda Apa yang di maksud dengan Ergonomi dalam interaksi manusia dan komputer ?
Jawab : Menurut saya, ergonomi adalah suatu peraturan dimana ilmu yang memanfaatkan informasi-informasi menganai sifat, dan mengaplikasikan informasi tentang perilaku manusia, kemampuan, keterbatasan dan karakteristik.


DAFTAR RUJUKAN
Satria. 2017. Sejarah windows dari windows 1.0 sampai 10. http://belajarkomputeragung.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-windows-dari-windows-10-sampai.html . (14 Maret 2018)

Basi kopi hitam. 2017. Pengertian Input Komputer (Input Device) dan Macam - Macam Input Komputer.http://www.komputerdia.com/2016/12/pengertian.input.device.atau.input.komputer.dan.macam.macam.input.komputer.htm . (14 Maret 2018)

Agfir agun. 2016. [Process Device] Perangkat Keras Pemrosesan Pada Komputer (Pengertian, Macam Jenis dan Fungsinya). https://iptektikom.blogspot.co.id/2016/09/hardware-process-device-perangkat-keras-pemrosesan.html . (14 Maret 2018)

Basi kopi hitam. 2017. Pengertian Output Komputer dan Macam - Macam Output Komputer. http://www.komputerdia.com/2016/12/pengertian.output.komputer.atau.output.devices.dan.macam.macam.output.komputer.html . (14 Maret 2018)

Indonesia brainly. 2017. perkembangan software. https://brainly.co.id/tugas/10907586 . (15 Maret 2018)

Fitriansyah. 2008. Perbedaan Monitor CRT dan LCD. https://fitriansyah76.wordpress.com/2008/12/02/perbedaan-monitor-crt-dan-lcd/ . (15 Maret 2018)

Amin mochhammad karin al. 2015. Posisi Tubuh Ketika Menggunakan Komputer yang Baik dan Benar. https://www.kompasiana.com/karim/posisi-tubuh-ketika-menggunakan-komputer-yang-baik-dan-benar_550deba8813311c22cbc6068 .  (17 Maret 2018)

Indonesia wikipedia bahasa. 2017. Pengenalan ucapan. https://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan . (21 Maret 2018)

Sridianti tanti. 2015. PANDUAN MEMILIH PIRANTI KOMPUTER. http://tantifitriasridianti.blogspot.co.id/2011/06/panduan-memilih-piranti-komputer.html . (23 Maret 2018)

Addict kaskus. 2009. 10 tips yang perlu diperhatikan dalam pembuatan software. https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016613303/10-tips-yang-perlu-diperhatikan-dalam-pembuatan-software/ . (23 Maret 2018)

1 komentar: