Selasa, 06 Maret 2018

Soal : Pengenalan HCI dan Faktor Manusia

Interaksi Manusia dan Komputer
Konteks Interaksi Manusia Dan Komputer



BAB 1 : PENDAHULUAN PENGENALAN HCI
BAHAN DISKUSI
1.     Apa yang dibutuhkan agar interaksi  manusia dan komputer dapat berjalan dengan baik?
Jawab : Interaksi manusia dan komputer akan berjalan baik apabila di dukung dengan peralatan yang memadai. Seperti dalam mendesai interface seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau di dengar, tetapi juga mencakup konsep, kebutuhan user untuk mengetahui system computer dan harus di buat terintegrasi ke seluruh system.
2.     Dan berikan contoh akibat buruknya perancangan suatu interface !
Jawab : Ketika pilihan “save” dan “delete” diklasifikasikan sebagai “oprasi file” dan berada dalam suatu kelompok yang sama. Jika user kurang teliti atau tidak sengaja memilih “delete” pdahal yang di maksud adalah “save”, maka akibatnya bisa di tebak. Itulah akibat buruknya perancangan interface yang menyebabkan kerugian si user.



BAB 2 : FAKTOR MANUSIA
BAHAN DISKUSI
1.     Jelaskan yang dimaksud dengan :
-         Skill acquisition
-         Pola perilaku kasual
-         Psikologi & desain sistem interaktif
Jawab : - Manusia dapat memperoleh keahlian dari bidang tertentu secara bertahap. Kita dapat memahami bagaimana keahlian didapatkan dan bekerja dengan melihat perbedaan antara perilaku seorang awan dan ahli.
-         Suatu bentuk tindakan atau aktivitas manusia yang dilakukan secara sederhana.
-         Cara kita mengaplikasikan apa yang telah kita pelajari untuk mendesain system interaktif dengan cara menyajikan informasi detail dalam warna biru karena biru sulit untuk diterima oleh user. Pada kebanyakan kasus pengimplementasiannya tidak mudah. Dalam mendesain system yamg interaktif kita tidak bisa sembarangan, tetapi harus juga melihat dari ilmu psikologi karena berhubungan dengan prilaku manusia.

2.      Bagaimana pendapat anda mengenai warna  dalam interaksi manusia dan komputer?  Jelaskan!
Jawab : Menurut saya, dalam interaksi manusia dan komputer, warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna.

3.     Mengapa manusia begitu  penting dalam interaksi manusia dan komputer?
Jawab : Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda.
             Manusia dalam IMK dipandang sebagai sistem pemroses informasi :
·        Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran i-o (indera).
·        Informasi disimpan dalam ingatan (memori).
·        Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara. Ide dasarnya adalah bahwa informasi masuk dan keluar dari pikiran manusia melalui sederet langkah proses yang urut

4.     Apa yang  dimaksud dengan Model Human  Processor menurut Card, Moran & Newell?
Jawab :  Dari Card, Moran, dan Newell (1980an) menganggap manusia sebagai sistem pemrosesan informasi : memperkirakan kinerja sebuah model prosedural : user belajar untuk mempergunakan produk dengan membuat aturan dalam penggunaannya dan 'menjalankan' model mental ketika berinteraksi dengan sistem.
Komponen MHP:
·        kumpulan memori dan pemrosesan bersama
·        kumpulan Prinsip Operasi
·        model diskrit dan berurutan
·        setiap tahapan mempunyai karakteristik waktu (tambahkan waktu tiap tahapan untuk memperoleh total waktu kerja)
Pada tahun 1983, Card, Moran dan Newell membuat Model Human Processor, terdiri dari 3 sub sistem, yaitu :
 Sistem Persepsi          : menangani sensor dari luar
 Sistem Motor             : mengontrol aksi/respon
 Sistem Kognitif         : memproses hubungan keduanya.
Masing-masing sub sistem ini mempunyai memori dan prosesor yang berbeda-beda, begitu pula dalam hal kompleksitasnya.

5.      Dalam  perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk  mengakomodasi expert  frequent user?
Jawab  : a. Ahli dan tahu secara detil kegunaan software.
b. Membutuhkan respon cepat.
c. Memerlukan perintah makro.
d. Menu dibuat rungkas dan cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar