Jumat, 13 Juli 2018

E-Commerce : BAB 6 KEAMANAN PADA E-COMMERCE DAN BAB 7 KIAT SUKSES E-COMMERCE


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU

TUGAS 3 E-COMMERCE
BAB 6 KEAMANAN PADA E-COMMERCE DAN BAB 7 KIAT SUKSES E-COMMERCE


NAMA              : RISKIANA
STAMBUK      : 20162008
EMAIL             : riskiana.kikhy@gmail.com
BLOG               : riskiana20162008.blogspot.co.id



PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M


PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018



BAB 6 KEAMANAN PADA E-COMMERCE
1.      Menurut anda apa yang dimaksud  keamanan pada E-COMMERCE ?
Jawab :
Menurut saya keamanan pada E- commerce yaitu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi di dunia maya.
2.      Sebutkan dan jelaskan cara kerja bentuk-bentuk pengamanan pada E-COMMERCE ?
          Jawab :
1)      Authentication (keabsahan pengirim)
Identitas pengguna/pengirim data teridentifikasi (tidak ada kemungkinan penipuan)
2)      Confidentiality (kerahasiaan data)
data tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak
3)      Integrity (keaslian data)
data tidak dapat diubah secara tidak sah
4)      Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
tidak ada penyangkalan pengiriman data (dari pihak penerima terhadap pihak pengirim)

3.      Berikan pengalaman anda saat berbelanja pada online shop tentang pengamanannya ?
          Jawab :
Misalnya belanja tas, untuk keamanan pertama, saya pastikan dulu asal barangnya, kualitas barangnya dicek di profil penjual, kemudian cek nomor yang bisa di hubungi, lalu coba hubungi dan tanyakan yang perlu ditanyakan agar tidak asal pesan, kemudian jika ya, pesan dan tanyakan berapa lama sampai ketujuan dan menggunakan jasa pengiriman apa, agar kita bisa cek nantinya.




BAB 7 KIAT SUKSES E-COMMERCE
1.      Sebutkan dan jelaskan 9 Kiat Sukses pada E-COMMERCE ?
          Jawab :
1)      Kenali Pelanggan
Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk untuk mempromosikan bisnis Anda adalah mengenali pelanggan Anda sedekat mungkin sehingga Anda tahu apa yang pelanggan Anda inginkan dari produk yang Anda tawarkan. Untuk memudahkan proses mengenali pelanggan, Anda dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan umur.
Anda juga dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan pekerjaan dan latar belakang pendidikan pelangan. Setelah mengelopokkan pelanggan dalam beberapa kelompok, Anda perlu mencari tahu apa saja yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan Anda dalam tiap kelompok. Dengan demikian, Anda dapat menarik kesimpulan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda dari tiap kelompok dan merancang produk yang Anda tawarkan agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

2)      Lakukan Promosi Produk
Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam memasarkan produk Anda adalah dengan melakukan promosi produk. Sediakan waktu yang cukup untuk mempromosikan produk Anda. Promosi produk ini sangat penting, terutama untuk mengenalkan produk baru yang Anda produksi dan menarik pelanggan untuk memebeli produk-produk Anda yang lain. 
Usahakan promosi produk yang Anda lakukan merupakan usaha yang konsisten dan terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus meminati produk Anda. Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan seperti memasang iklan di media cetak dan elektronik, mengirimkan pesan kepada pelanggan Anda, juga promosi word to mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Anda juga harus membuat promosi ini unik dan menarik sehingga bisa bersaing dengan produk kompetitor Anda.

3)      Ketahui Tujuan Anda
Dalam memasarkan dan mempromosikan produk Anda, Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Promosi yang Anda lakukan seharusnya bukanlah hanya sebagai promosi saja, tetapi juga memiliki tujuan lain yang sama pentingnya seperti melakukan promosi brand awareness,berinterksi dengan konsumen, serta sebagai sarana komunikasi.
Strategi bisnis brand awareness sangatlah penting dan akan memberikan dampak sangat baik bagi produk-produk yang Anda produksi. Dengan melalukan promosi brand awareness, pelanggan bisa mengetahui dan menyadari bahwa produk Anda ada dan merupakan salah satu produk terbaik yang bisa mereka pilih di antara produk-produk sejenis yang beredar.

4)      Manfaatkan Pemasaran Internet
Dewasa ini, strategi pemasaran melalui internet atau internet marketing sangatlah penting dan dapat menunjang penjualan produk Anda. Berinteraksi dengan pelanggan lewat internet juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui lebih jauh apa yang diinginkan pelanggan Anda dari produk yang Anda buat.
Strategi pemasaran internet juga bisa dianggap strategi pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya. Ada banyak strategi pemasaran internet yang bisa Anda lakukan seperti memanfaatkan akunakun media sosial dan juga memanfaatkan pencarian mesin pencari atau SEO. Jika Anda dapat melakukan dua strategi pemasaran internet ini dengan baik, bisnis dan produk Anda bisa dikenal oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan kesempatan Anda memiliki sebuha bisnis yang sukses akan terbuka lebar.

5)      Pilih Lokasi Strategis
Selain melakukan pemasaran dan promosi produk lewat internet, Anda juga harus memilih lokasi bisnis yang strategis Pastikan lokasi Anda memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan Anda membuka usaha Anda. Tempat ramai di mana banyak orang berlalu lalang merupakan salah satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk membuka bisnis mereka.
Namun demikian, lokasi strategis tidak harus merupakan tempat yang ramai. Lokasi strategis lebih condong kepada mendukung perkembangan bisnis Anda di lokasi yang tepat, sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda ingin membuka toko baju, aksesoris, ataupun toko roti, maka tempat ramai orang merupakan pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda ingin membuka sebuah cafĂ© di mana orang bisa santai dan rileks, tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.

6)      Jalin Hubungan dengan Konsumen
Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebagai strategi pemasaran bisnis Anda adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar agak ekstrim bagi Anda, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat. 
Tanpa konsumen bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik, karena itulah Anda harus memperlakukan konsumen Anda dengan sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, Anda harus berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk meminta kritik dan saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi kabar promosi terbaru yang Anda lakukan.

7)      Perluas Relasi
Memperluas relasi bisnis Anda tidak kalah pentingya sebagai strategi pemasaran bisnis Anda. Semakin banyak relasi bisnis yang Anda miliki, semakin besar pula kesempatan Anda untuk memperluas bisnis Anda. Banyak pemilik bisnis yang mengabaikan hubungan baik mereka dengan pemilik bisnis lain. Akibatnya, bisnis mereka sulit berkembang, menjadi redup, dan kemudian terpaksa gulung tikar. Degan memiliki banyak relasi dan menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis Anda, Anda dapat dengan mudah memperoleh informasi bisnis melalui relasi bisnis Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengajukan proposal kerja sama yang akan menguntungkan bisnis Anda dan bisnis relasi Anda.

8)      Ukur Pencapaian
Memasang target dan mengukur pencapaian juga merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun startegi pemasaran bisnis Anda. Dengan memasang target untuk bisnis Anda, Anda dapat melihat bisnis Anda berkembang dengan lebih nyata. Mengukur pencapaian bisnis Anda juga akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan perluasan bisnis yang akan Anda lakukan berikutnya.
Mengukur pencapaian bisnis ini juga merupakan sebuah evaluasi terhadap apa yang telah Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis Anda selama ini dan menentukan di mana letak kekurangan dan kelebihan bisnis Anda agar dapat diperbaiki. Misalnya saja dalam sebuah kegiatan promosi. Pasanglah target dan langkahlangkah yang dapat Anda lakukan untuk mencapai target tersebut. Setelah kegiatan selesai, ukurlah pencapaian kegiatan promosi Anda dan evaluasi langkah-langkah yang Anda lakukan selama proses promosi berlangsung.

9)      Berpikir Out of The Box
Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang bisa diandalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.
Bisa di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada penurunan harga untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu sendiri (value added). Misal jika Anda berjualan bakso, Anda bisa melakukan diferensisasi dalam hal produk, seperti: bakso gepeng, bakso ikan, bakso goreng , dsb. Atau bisa juga melakukan pemasaran dengan paket bakso beserta minuman agar memudahkan pelanggan Anda dalam memilih. Dalam strategi pemasaran Nordstrom mengungkapkan 'Berfokus Anda pada kualitas pengalaman pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif'.

2.      Apa perbedaan social media dan social network ? berikan contohnya
          Jawab :
Social media menjadi media untuk menciptakan koneksi antara pengguna komputer dan jaringan, sedangkan social network menjadi alat (jaringan) yang memperkuat koneksi antara pengguna melalui minat, passion, ketertarikan pada suatu hal yang sama (yang tersedia di dalam social media)
Didalam komunikasinya, social media memiliki jenis komunikasi satu arah (one way communication), sedangkan social network memiliki komunikasi dua arah.
Social media membantu untuk menyediakan komunikasi dengan para pengguna internet searah dan umum, sedangkan social network meningkatkan komunikasi dengan para pengguna internet tersebut secara lebih pada satu atau beberapa pengguna, diskusi (conversation) menjadi kunci utama didalam komunikasi ini.
Social Media menekankan pada status (apa yang diposting/input di social media), sedangkan social network menekankan pada peningkatan dari status di social media tersebut.
Social media lebih kepada sebuah media (wadah) untuk membantu pengguna internet untuk dapat berbagi informasi, konten digital, dan data ke seluruh pengguna internet. Sedangkan pada social network lebih ditekankan pada hubungan melalui jaringan(network)
Waktu respon social media tidak secepat didalam social network, contohnya komentar pada sebuah postingan social media akan diperoleh secara bertahap, begitu juga respon komentar dari penulis postingan, namun pada social network mengingat sifat komunikasi dua arah dan jaringan/komunitas (minat yang sama) sehingga respon komentar akan lebih cepat diperoleh.
             Contoh Aplikasi Sosial Media.
CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
             Contoh Aplikasi Sosial Network
Twitter, Facebook, FriendsterAplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto.
Youtube, Devianart Disini para user dari pengguna website ini saling meng-share konten- konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.
MySpace.com adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia
Multiply.com adalah salah satu layanan Blogging yang digemari saat ini karena menyediakan fasilitas lengkap untuk para blogger, seperti blog itu sendiri, foto album, guestbook, music, video, link, review, dan lainnya.

3.      Apa peran social media dan social network pada E-COMMERCE ?
          Jawab :
Keduanya sangat berperan penting dalam e- commerce, karena saling berhubungan dan saling membutuhkan



DAFTAR RUJUKAN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar