AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
TRI DHARMA PALU
TUGAS 3 E-COMMERCE
BAB
6 KEAMANAN PADA E-COMMERCE DAN BAB 7 KIAT SUKSES E-COMMERCE
NAMA :
RISKIANA
STAMBUK : 20162008
BLOG : riskiana20162008.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2018
BAB 6 KEAMANAN
PADA E-COMMERCE
1.
Menurut
anda apa yang dimaksud keamanan pada E-COMMERCE ?
Jawab :
Menurut
saya keamanan pada E- commerce yaitu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi
di dunia maya.
2.
Sebutkan
dan jelaskan cara kerja bentuk-bentuk pengamanan pada E-COMMERCE ?
Jawab
:
1) Authentication (keabsahan
pengirim)
Identitas
pengguna/pengirim data teridentifikasi (tidak ada kemungkinan penipuan)
2) Confidentiality (kerahasiaan
data)
data
tidak dapat dibaca oleh pihak yang tidak berhak
3) Integrity (keaslian
data)
data
tidak dapat diubah secara tidak sah
4) Non-Repudiation (anti-penyangkalan)
tidak ada
penyangkalan pengiriman data (dari pihak penerima terhadap pihak pengirim)
3.
Berikan
pengalaman anda saat berbelanja pada online shop tentang pengamanannya ?
Jawab
:
Misalnya
belanja tas, untuk keamanan pertama, saya pastikan dulu asal barangnya,
kualitas barangnya dicek di profil penjual, kemudian cek nomor yang bisa di
hubungi, lalu coba hubungi dan tanyakan yang perlu ditanyakan agar tidak asal
pesan, kemudian jika ya, pesan dan tanyakan berapa lama sampai ketujuan dan
menggunakan jasa pengiriman apa, agar kita bisa cek nantinya.
BAB 7 KIAT
SUKSES E-COMMERCE
1.
Sebutkan
dan jelaskan 9 Kiat Sukses pada E-COMMERCE ?
Jawab
:
1)
Kenali Pelanggan
Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk untuk
mempromosikan bisnis Anda adalah mengenali pelanggan Anda sedekat mungkin
sehingga Anda tahu apa yang pelanggan Anda inginkan dari produk yang Anda
tawarkan. Untuk memudahkan proses mengenali pelanggan, Anda dapat
mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan umur.
Anda juga dapat mengelompokkan pelanggan Anda
berdasarkan pekerjaan dan latar belakang pendidikan pelangan. Setelah
mengelopokkan pelanggan dalam beberapa kelompok, Anda perlu mencari tahu
apa saja yang dibutuhkan pelanggan-pelanggan Anda dalam tiap kelompok.
Dengan demikian, Anda dapat menarik kesimpulan tentang apa yang dibutuhkan
pelanggan Anda dari tiap kelompok dan merancang produk yang Anda tawarkan
agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.
2)
Lakukan Promosi Produk
Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam
memasarkan produk Anda adalah dengan melakukan promosi produk. Sediakan
waktu yang cukup untuk mempromosikan produk Anda. Promosi produk ini
sangat penting, terutama untuk mengenalkan produk baru yang Anda produksi
dan menarik pelanggan untuk memebeli produk-produk Anda yang lain.
Usahakan promosi produk yang Anda lakukan merupakan
usaha yang konsisten dan terus-menerus sehingga para pelanggan akan terus
meminati produk Anda. Ada banyak jenis promosi yang bisa Anda lakukan
seperti memasang iklan di media cetak dan elektronik, mengirimkan pesan
kepada pelanggan Anda, juga promosi word to mouth (WOM) atau
mulut ke mulut. Anda juga harus membuat promosi ini unik dan
menarik sehingga bisa bersaing dengan produk kompetitor Anda.
3) Ketahui
Tujuan Anda
Dalam memasarkan dan mempromosikan produk Anda, Anda
harus memiliki tujuan yang jelas. Promosi yang Anda lakukan seharusnya
bukanlah hanya sebagai promosi saja, tetapi juga memiliki tujuan lain yang
sama pentingnya seperti melakukan promosi brand awareness,berinterksi
dengan konsumen, serta sebagai sarana komunikasi.
Strategi bisnis brand awareness sangatlah
penting dan akan memberikan dampak sangat baik bagi produk-produk yang
Anda produksi. Dengan melalukan promosi brand awareness, pelanggan bisa
mengetahui dan menyadari bahwa produk Anda ada dan merupakan salah satu
produk terbaik yang bisa mereka pilih di antara produk-produk sejenis yang
beredar.
4) Manfaatkan
Pemasaran Internet
Dewasa ini, strategi pemasaran melalui internet atau internet
marketing sangatlah penting dan dapat menunjang penjualan produk
Anda. Berinteraksi dengan pelanggan lewat internet juga akan memudahkan
Anda untuk mengetahui lebih jauh apa yang diinginkan pelanggan Anda dari
produk yang Anda buat.
Strategi pemasaran internet juga bisa dianggap
strategi pemasaran yang murah jika dibandingkan dengan teknik pemasaran
lainnya. Ada banyak strategi pemasaran internet yang bisa Anda lakukan
seperti memanfaatkan akunakun media sosial dan juga memanfaatkan pencarian
mesin pencari atau SEO. Jika Anda dapat melakukan dua strategi pemasaran
internet ini dengan baik, bisnis dan produk Anda bisa dikenal
oleh kalangan konsumen yang lebih luas dan kesempatan Anda memiliki sebuha
bisnis yang sukses akan terbuka lebar.
5) Pilih
Lokasi Strategis
Selain melakukan pemasaran dan promosi produk lewat
internet, Anda juga harus memilih lokasi bisnis yang strategis Pastikan
lokasi Anda memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan Anda membuka usaha
Anda. Tempat ramai di mana banyak orang berlalu lalang merupakan salah
satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk membuka bisnis mereka.
Namun demikian, lokasi strategis tidak harus
merupakan tempat yang ramai. Lokasi strategis lebih condong kepada
mendukung perkembangan bisnis Anda di lokasi yang tepat, sesuai dengan
tujuan bisnis Anda. Contohnya, jika Anda ingin membuka toko baju,
aksesoris, ataupun toko roti, maka tempat ramai orang merupakan pilihan
yang tepat. Tetapi jika Anda ingin membuka sebuah café di mana orang bisa
santai dan rileks, tempat yang tenang mungkin akan lebih baik.
6) Jalin
Hubungan dengan Konsumen
Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebagai
strategi pemasaran bisnis Anda adalah menjalin hubungan yang baik dengan
konsumen. Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar agak ekstrim
bagi Anda, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat.
Tanpa konsumen bisnis Anda tidak akan berjalan
dengan baik, karena itulah Anda harus memperlakukan konsumen Anda dengan
sebaik-baiknya. Untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen, Anda harus
berkomuniksi dan menghubungi mereka, baik itu untuk meminta kritik dan
saran untuk produk yang telah mereka beli atau untuk memberi kabar promosi
terbaru yang Anda lakukan.
7) Perluas
Relasi
Memperluas relasi bisnis Anda tidak kalah pentingya
sebagai strategi pemasaran bisnis Anda. Semakin banyak relasi bisnis yang
Anda miliki, semakin besar pula kesempatan Anda untuk memperluas bisnis
Anda. Banyak pemilik bisnis yang mengabaikan hubungan baik mereka dengan
pemilik bisnis lain. Akibatnya, bisnis mereka sulit berkembang, menjadi
redup, dan kemudian terpaksa gulung tikar. Degan memiliki banyak relasi
dan menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis Anda, Anda dapat dengan
mudah memperoleh informasi bisnis melalui relasi bisnis Anda. Anda juga
dapat dengan mudah mengajukan proposal kerja sama yang akan menguntungkan
bisnis Anda dan bisnis relasi Anda.
8) Ukur
Pencapaian
Memasang target dan mengukur pencapaian juga
merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun startegi pemasaran bisnis
Anda. Dengan memasang target untuk bisnis Anda, Anda dapat melihat bisnis
Anda berkembang dengan lebih nyata. Mengukur pencapaian bisnis Anda juga
akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan perluasan bisnis
yang akan Anda lakukan berikutnya.
Mengukur pencapaian bisnis ini juga merupakan sebuah
evaluasi terhadap apa yang telah Anda lakukan dalam mengembangkan bisnis
Anda selama ini dan menentukan di mana letak kekurangan dan kelebihan
bisnis Anda agar dapat diperbaiki. Misalnya saja dalam sebuah kegiatan
promosi. Pasanglah target dan langkahlangkah yang dapat Anda lakukan untuk
mencapai target tersebut. Setelah kegiatan selesai, ukurlah
pencapaian kegiatan promosi Anda dan evaluasi langkah-langkah yang Anda
lakukan selama proses promosi berlangsung.
9) Berpikir
Out of The Box
Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang
bisa diandalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan
menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.
Bisa
di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada penurunan harga
untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan
penggalaman pelanggan itu sendiri (value added). Misal
jika Anda berjualan bakso, Anda bisa melakukan diferensisasi dalam hal
produk, seperti: bakso gepeng, bakso ikan, bakso goreng , dsb. Atau bisa
juga melakukan pemasaran dengan paket bakso beserta minuman agar
memudahkan pelanggan Anda dalam memilih. Dalam strategi
pemasaran Nordstrom mengungkapkan 'Berfokus Anda pada kualitas pengalaman
pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif'.
2.
Apa
perbedaan social media dan social network ? berikan contohnya
Jawab
:
Social
media menjadi
media untuk menciptakan koneksi antara pengguna komputer dan jaringan,
sedangkan social network menjadi alat (jaringan) yang
memperkuat koneksi antara pengguna melalui minat, passion, ketertarikan pada
suatu hal yang sama (yang tersedia di dalam social media)
Didalam
komunikasinya, social media memiliki jenis komunikasi satu
arah (one way communication), sedangkan social network memiliki
komunikasi dua arah.
Social
media membantu
untuk menyediakan komunikasi dengan para pengguna internet searah dan umum,
sedangkan social network meningkatkan komunikasi dengan para pengguna internet
tersebut secara lebih pada satu atau beberapa pengguna, diskusi (conversation)
menjadi kunci utama didalam komunikasi ini.
Social
Media menekankan
pada status (apa yang diposting/input di social media), sedangkan social
network menekankan pada peningkatan dari status di social media tersebut.
Social
media lebih
kepada sebuah media (wadah) untuk membantu pengguna internet untuk dapat
berbagi informasi, konten digital, dan data ke seluruh pengguna internet.
Sedangkan pada social network lebih ditekankan pada hubungan
melalui jaringan(network)
Waktu
respon social media tidak secepat didalam social network, contohnya komentar
pada sebuah postingan social media akan diperoleh secara bertahap, begitu juga
respon komentar dari penulis postingan, namun pada social network mengingat
sifat komunikasi dua arah dan jaringan/komunitas (minat yang sama) sehingga
respon komentar akan lebih cepat diperoleh.
•
Contoh
Aplikasi Sosial Media.
CNN, BBC,
Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat
untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
Google,
Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian
sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
Youtube, seleb.tv,
metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau
menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
•
Contoh
Aplikasi Sosial Network
Twitter,
Facebook, FriendsterAplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan
cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain.
Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto.
Youtube,
Devianart Disini para user dari pengguna website ini saling meng-share konten-
konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain.
MySpace.com adalah
situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil
pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh
dunia
Multiply.com adalah
salah satu layanan Blogging yang digemari saat ini karena menyediakan fasilitas
lengkap untuk para blogger, seperti blog itu sendiri, foto album, guestbook,
music, video, link, review, dan lainnya.
3.
Apa
peran social media dan social network pada E-COMMERCE ?
Jawab
:
Keduanya
sangat berperan penting dalam e- commerce, karena saling berhubungan dan saling
membutuhkan
DAFTAR
RUJUKAN
Dewi. 2018. Pengetahuaan. http://dewi-nsbk.blogspot.com/2018/06/keamanan-pada-e-commerce-kiat-sukses-e.html
. (27 Juni 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar