AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK)
TRI DHARMA PALU
TUGAS INDIVIDU E-COMMERCE
BAB
4 : MOBILE-COMMERCE DAN BAB 5 : CONTOH APLIKASI DAN LAYANAN E-COMMERCE
NAMA :
RISKIANA
STAMBUK : 20162008
BLOG : riskiana20162008.blogspot.co.id
PEMBIMBING
:
ACO
LELE, S.Kom., M.M
PROGRAM
DIPLOMA III (D3)
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN
MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK)
TRI DHARMA PALU
SULAWESI
TENGAH
2018
TUGAS INDIVIDU
BAB 4 : MOBILE-COMMERCE
1. Menurut
Anda apa yang di maksud dengan MOBILE -COMMERCE ? serta berikan contohnya.
Jawab :
Menurut saya, M-Commerce adalah suatu kegiatan jual beli barang dan jasa melalui internet. Contohnya Pembelian
tiket penerbangan menggunakan smartphone atau laptop dan komputer.
2. Apa
yang melatar belakangi munculnya MOBILE -COMMERCE ?
Jawab
: 5 Point penting yang melatarbelakangi munculnya
M-Commerce antara lain :
1)
Perkembangan teknologi komputer, baik
pada hadware, software maupun keduanyayang semakin pesat.
2)
Evolusi jaringan komputer dari waktu ke
waktu.
3)
Dukungan berbagai vendor yang
menyediakan berbagai macam produk danlayanan.
4)
Kemudahan yang diberikan oleh teknologi
M-Commerce kepada komsumen danpenjual, jika dibandingkan dengan E-Commerce pada
umumnya (berbasis web paakomputer).
5)
Dukungan dari pihak bank, baik bank di
Indonesia maupun di dunia beserta parapenyedia layanan transaksi online,
sehingga semakin bertambahlah jumlah pilhanlayanan M-Commerce pada saat ini.
3. Bagaimana
cara kerja MOBILE -COMMERCE ?
Jawab
: Ada beberapa cara kerja Mobile Commerce, yaitu :
1)
Pengguna mengakses aplikasi dan layanan
M- Commerce dari perangkat mobile mereka dengan koneksi internet. Misalkan
menggunakan smartphone, handphone, tablet yang terhubung ke jaringan internet.
2)
Pengguna mengakses toko online yang
diinginkan dan mencari produk yang diinginkannya, memasukkan ke keranjang
belanja virtual, sebagaimana halnya E-Commerce pada umumnya, kemudian
melanjutkan ke proses pembayaran secara online. Pembayaran ini melibatkan
sistem manajemen untuk transaksi retail (Retail Transaction Management System)
yang melibatkan pihak bank tempat konsumen menjadi nasabah. Terdapat PIN, SSL,
dan login pengguna untuk otentikasi dan peningkatan keamanan transaksi
elektronik yang terjadi.
3)
Semua proses berbasiskan koneksi
internet secara online dan mobile.Informasi lebih singkat, simpel dan to the
point mengingat tampilan mobile umunya lebih singkat dan terbatas dibandingkan
desktop.
4. Apa
yang di maksud dengan smart city ? dan apakah di Indonesia sudah menerapkan
smart city ? jika ya tolong di jelaskan.
Jawab :
Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal
kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan
efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat,
hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.
Salah satu kota
di Indonesia telah menerapkan smart city seperti Bandung, Pemkot Bandung
dengan serius mengagendakan Bandung Smart City. Pemkot Bandung dan Dewan
Pengembangan Bandung Kota Cerdas berkomitmen menjadikan Bandung Juara, sebagai
kota yang nyaman dan unggul. Melalui ruang Bandung Commad Center, terdapat 5
aspek utama yang dikedepankan antara lain partiwisata dan transportasi,
pelayanan publik dan bisnis, pendidikan dan kesehatan, serta pengelolaaan
pemerintah. Kota Bandung mewakili Indonesia terpilih masuk finalis 6
besar dunia untuk Inovasi Smart City dari World Smart City Organisation 2015 di
Barcelona. Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga pernah berucap bahwa targetnya
Bandung dapat menginisiasi 1000 aplikasi untuk kepentingan publik.
Konsep smart city yang dimilik oleh Bandung Smar
City meliputi citizen complaint online, Rapor camat/lurah oleh warga (SIP),
Perizinan Online (Hay.U), monitoring program kerja Pemkot (Silakip), komunikasi
aktif warga melalui akun Twitter tiap Dinas, dan masih banyak lagi rencana
kedepannya. Jakarta dan Bandung nampaknya memang yang saat ini paling sukses
penerapan Smart City di Indonesia.
BAB 5 : CONTOH APLIKASI DAN LAYANAN
E-COMMERCE
1. Sebutkan
dan jelaskan penerapan aplikasi E-COMMERCE ?
Jawab :
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi
dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), e-pemasaran (e-marketing) atau pemasaran
online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online
transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange/EDI), dll.
2. Sebutkan
masing-masing 5 layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di
indonesia ? serta berikan data statistis
masing-masing layanan E-COMMERCE tersebut berada di urutan keberapa.
Jawab :
5 layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di indonesia dan data
statistik masing-masing layanan E-Commerce, yaitu :
·
5 layanan E-COMMERCE yang trend saat ini
di dunia dan di indonesia :
1)
Lazada
2)
Tokopedia
3)
Bukalapak
4)
Shopee
5)
Blibli.com
·
data statistik masing-masing layanan E-Commerce :
Daftar Rujukan
University
Satya Wacana Christian. 2016. Latar belakang munculnya m commerce 5 point
penting. https://www.coursehero.com/file/p2natvon/Latar-belakang-munculnya-M-Commerce-5-Point-penting-yang-melatarbelakangi/
. (07 Mei 2018)
Tan
Suardi. 2016. Sistem Kerja M-Commerce. http://knowledge-inspiration.blogspot.co.id/2016/04/sistem-kerja-m-commerce.html
. (07 Mei 2018)
Admin.
2018. E-commerce, Aplikasi Transaksi Jual Beli Secara Online. https://www.infoservis.net/technology/e-commerce-aplikasi-transaksi-jual-beli-secara-online/
. (08 Mei 2018)
Bosnia
Tito. 2018. Ini Prediksi Tren E-Commerce di Indonesia Tahun 2018. https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20180118135327-37-1904/ini-prediksi-tren-e-commerce-di-indonesia-tahun-2018
. (08 Mei 2018)
iPrice. 2017. [ANALISIS] Kilas
Balik Persaingan E-Commerce Indonesia Tahun 2017. https://iprice.co.id/trend/insights/kilas-balik-e-commerce-indonesia-2017/
. (08
Mei 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar