Selasa, 08 Mei 2018

E-COMMERCE : BAB 4 MOBILE-COMMERCE DAN BAB 5 CONTOH APLIKASI DAN LAYANAN E-COMMERCE


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) TRI DHARMA PALU

TUGAS INDIVIDU E-COMMERCE

BAB 4 : MOBILE-COMMERCE DAN BAB 5 : CONTOH APLIKASI DAN LAYANAN E-COMMERCE


NAMA              : RISKIANA
STAMBUK      : 20162008
EMAIL             : riskiana.kikhy@gmail.com
BLOG               : riskiana20162008.blogspot.co.id


PEMBIMBING :
ACO LELE, S.Kom., M.M


PROGRAM DIPLOMA III (D3)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA
(AMIK) TRI DHARMA PALU
SULAWESI TENGAH
2018




TUGAS INDIVIDU

BAB 4 : MOBILE-COMMERCE
1.      Menurut Anda apa yang di maksud dengan MOBILE -COMMERCE ? serta berikan contohnya.
Jawab : Menurut saya, M-Commerce adalah suatu kegiatan jual beli barang dan  jasa melalui internet. Contohnya Pembelian tiket penerbangan menggunakan smartphone atau laptop dan komputer.


2.      Apa yang melatar belakangi munculnya MOBILE -COMMERCE ?
Jawab : 5 Point penting yang melatarbelakangi munculnya M-Commerce antara lain :
1)      Perkembangan teknologi komputer, baik pada hadware, software maupun keduanyayang semakin pesat.
2)      Evolusi jaringan komputer dari waktu ke waktu.
3)      Dukungan berbagai vendor yang menyediakan berbagai macam produk danlayanan.
4)      Kemudahan yang diberikan oleh teknologi M-Commerce kepada komsumen danpenjual, jika dibandingkan dengan E-Commerce pada umumnya (berbasis web paakomputer).
5)      Dukungan dari pihak bank, baik bank di Indonesia maupun di dunia beserta parapenyedia layanan transaksi online, sehingga semakin bertambahlah jumlah pilhanlayanan M-Commerce pada saat ini.


3.      Bagaimana cara kerja MOBILE -COMMERCE ?
Jawab : Ada beberapa cara kerja Mobile Commerce, yaitu :
1)      Pengguna mengakses aplikasi dan layanan M- Commerce dari perangkat mobile mereka dengan koneksi internet. Misalkan menggunakan smartphone, handphone, tablet yang terhubung ke jaringan internet.
2)      Pengguna mengakses toko online yang diinginkan dan mencari produk yang diinginkannya, memasukkan ke keranjang belanja virtual, sebagaimana halnya E-Commerce pada umumnya, kemudian melanjutkan ke proses pembayaran secara online. Pembayaran ini melibatkan sistem manajemen untuk transaksi retail (Retail Transaction Management System) yang melibatkan pihak bank tempat konsumen menjadi nasabah. Terdapat PIN, SSL, dan login pengguna untuk otentikasi dan peningkatan keamanan transaksi elektronik yang terjadi.
3)      Semua proses berbasiskan koneksi internet secara online dan mobile.Informasi lebih singkat, simpel dan to the point mengingat tampilan mobile umunya lebih singkat dan terbatas dibandingkan desktop.


4.      Apa yang di maksud dengan smart city ? dan apakah di Indonesia sudah menerapkan smart city ? jika ya tolong di jelaskan.
Jawab : Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya.
Salah satu kota  di Indonesia telah menerapkan smart city seperti Bandung, Pemkot Bandung dengan serius mengagendakan Bandung Smart City. Pemkot Bandung dan Dewan Pengembangan Bandung Kota Cerdas berkomitmen menjadikan Bandung Juara, sebagai kota yang nyaman dan unggul. Melalui ruang Bandung Commad Center, terdapat 5 aspek utama yang dikedepankan antara lain partiwisata dan transportasi, pelayanan publik dan bisnis, pendidikan dan kesehatan, serta pengelolaaan pemerintah.  Kota Bandung mewakili Indonesia terpilih masuk finalis 6 besar dunia untuk Inovasi Smart City dari World Smart City Organisation 2015 di Barcelona. Walikota Bandung, Ridwan Kamil juga pernah berucap bahwa targetnya Bandung dapat menginisiasi 1000 aplikasi untuk kepentingan publik.
Konsep smart city yang dimilik oleh Bandung Smar City meliputi citizen complaint online, Rapor camat/lurah oleh warga (SIP), Perizinan Online (Hay.U), monitoring program kerja Pemkot (Silakip), komunikasi aktif warga melalui akun Twitter tiap Dinas, dan masih banyak lagi rencana kedepannya. Jakarta dan Bandung nampaknya memang yang saat ini paling sukses penerapan Smart City di Indonesia. 





BAB 5 : CONTOH APLIKASI DAN LAYANAN E-COMMERCE
1.      Sebutkan dan jelaskan penerapan aplikasi E-COMMERCE ?
Jawab : Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing) atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange/EDI), dll.


2.      Sebutkan masing-masing 5 layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di indonesia  ? serta berikan data statistis masing-masing layanan E-COMMERCE tersebut berada di urutan keberapa.
Jawab : 5 layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di indonesia dan data statistik  masing-masing layanan  E-Commerce, yaitu :
·         5 layanan E-COMMERCE yang trend saat ini di dunia dan di indonesia :
1)      Lazada
2)      Tokopedia
3)      Bukalapak
4)      Shopee
5)      Blibli.com
·         data statistik  masing-masing layanan  E-Commerce :





Daftar Rujukan
University Satya Wacana Christian. 2016. Latar belakang munculnya m commerce 5 point penting. https://www.coursehero.com/file/p2natvon/Latar-belakang-munculnya-M-Commerce-5-Point-penting-yang-melatarbelakangi/ . (07 Mei 2018)
Tan Suardi. 2016. Sistem Kerja M-Commerce. http://knowledge-inspiration.blogspot.co.id/2016/04/sistem-kerja-m-commerce.html . (07 Mei 2018)
Mada Universitas Gajah. 2016. http://smartcity.wg.ugm.ac.id/?p=5958 . (07 Mei 2018)
Admin. 2018. E-commerce, Aplikasi Transaksi Jual Beli Secara Online. https://www.infoservis.net/technology/e-commerce-aplikasi-transaksi-jual-beli-secara-online/ . (08 Mei 2018)
Bosnia Tito. 2018. Ini Prediksi Tren E-Commerce di Indonesia Tahun 2018. https://www.cnbcindonesia.com/fintech/20180118135327-37-1904/ini-prediksi-tren-e-commerce-di-indonesia-tahun-2018 . (08 Mei 2018)
iPrice. 2017. [ANALISIS] Kilas Balik Persaingan E-Commerce Indonesia Tahun 2017. https://iprice.co.id/trend/insights/kilas-balik-e-commerce-indonesia-2017/ . (08 Mei 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar